Take a fresh look at your lifestyle.

Turki Haramkan Warganya Berkunjung ke AS

0 4
Turki Haramkan Warganya Berkunjung ke AS

Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu (Foto: AFP)

Ankara – Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengimbau warganya tak berkunjung ke Amerika Serikat (AS). Peringatan itu mengemuka di tengah kekhawatiran adanya penangkapan sewenang-wenang yang dilakukan oleh Gedung Putih.

Himbauan Mevlut itu menyusul himbauan serupa Departemen Luar Negeri AS minggu ini. “Warga Amerika yang berencana mengunjungi Turki harus membatalkannya karena alasan terorisme dan penahanan sewenang-wenang.”

“Warga Turki yang keukeuh bepergian ke Amerika Serikat bisa dihukum sewenang-wenang berdasarkan kesaksian dari sumber mana saja,” ujar kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan tertanggal Kamis (11/1).

Hubungan antara Ankara dan Washington, kedua sekutu NATO dan anggota koalisi melawan Islamic State Iraq and Syria (ISIS), mandek menyusul penangkapan bankir Turki yang dinyatakan bersalah karenamelanggar sanksi Amerika terhadap Iran.

Ankara mengatakan bahwa kasus terhadap bankir tersebut didasarkan pada bukti palsu dan didukung oleh jaringan ulama Fethullah Gulen, yaitu otak di balik kudeta yang gagal pada tahun 2016. Gulen telah tinggal di pengasingan di Amerika Serikat sejak tahun 1999. Ia berulang kali membantah terlibat dalam kudeta tersebut.

Pembaruan peringatan perjalanan terjadi setelah Amerika Serikat dan Turki mengangkat pembatan visa satu sama lain pada akhir Desember. Selanjutnya mengakhiri sengketa visa selama sebulan yang dimulai ketika Washington menangguhkan layanan visa pada misi Turki-nya setelah dua pegawai lokal konsulat AS ditahan karena dicurigai memiliki hubungan dengan kudeta.

TAGS : Turki Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/27702/Turki-Haramkan-Warganya-Berkunjung-ke-AS/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments