Take a fresh look at your lifestyle.

Trump Bakal Tindak Tegas Negara yang Langgar Renegosiasi NAFTA

0 5
Trump Bakal Tindak Tegas Negara yang Langgar Renegosiasi NAFTA

Presiden AS Donald Trump (Foto: Reuters)

Jakarta – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengatakan bahwa renegosiasi tentang Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) dinilai dapat mengarah pada kesepakatan perdagangan trilateral baru dengan perubahan substansial atau dua perjanjian perdagangan terpisah.

“Kita akan membiarkannya seperti kesepakatan tiga kelompok dengan Kanada, Amerika Serikat dan Meksiko, dan mengubahnya sangat substansial, atau kita akan membuat kesepakatan langsung dengan Kanada, langsung dengan Meksiko,” ujar Trump pada konferensi pers di KTT Kelompok Tujuh (G7) di Quebec, Kanada, Sabtu (09/05).



“Jadi kita mungkin akan memiliki NAFTA dalam bentuk negosiasi yang lebih baik atau kita akan memiliki dua kesepakatan. Kedua hal itu bisa terjadi,” kata Trump, memperingatkan bahwa itu akan “sangat buruk” bagi Kanada dan Meksiko jika tidak ada kesepakatan bisa dicapai di antara tiga negara.

Trump juga mengatakan negosiator NAFTA cukup dekat untuk menyetujui beberapa jenis ketentuan yang dapat memungkinkan perjanjian perdagangan untuk dinegosiasi ulang setiap lima tahun.

Pembicaraan tentang negosiasi ulang NAFTA dimulai pada bulan Agustus 2017 ketika Trump mengancam akan mundur dari kesepakatan perdagangan 23 tahun. Tiga negara tetap terbagi atas aturan asal untuk mobil dan masalah lain setelah negosiasi selama berbulan-bulan.

Pertemuan G7 terjadi setelah pemerintahan Trump mengumumkan pekan lalu untuk mengenakan tarif impor baja dan aluminium dari Uni Eropa (UE), Kanada dan Meksiko, yang telah mendapat tentangan kuat dari komunitas bisnis domestik dan pembalasan cepat dari mitra dagang utama AS.

Trump mengatakan kepada wartawan bahwa ia telah menuntut praktik perdagangan adil dan timbal balik serta mengusulkan untuk menghilangkan semua hambatan perdagangan di KTT G7.

“Tidak ada tarif, tidak ada hambatan, begitulah seharusnya, dan tidak ada subsidi,” katanya, memperingatkan bahwa negara-negara lain bisa kehilangan akses ke Amerika Serikat jika mereka tidak mengurangi hambatan perdagangan.

“Saya memang menyarankan itu dan orang-orang, saya kira mereka akan kembali ke papan gambar dan memeriksanya,” kata Trump.

Para ahli dan pejabat perdagangan skeptis tentang gagasan Trump tentang tarif nol, karena administrasi Trump telah menetapkan tarif tinggi pada impor panel surya, mesin cuci, baja dan produk aluminium.

Sebelumnya, Presiden Dewan Eropa Donald Tusk memperingatkan bahwa langkah-langkah perdagangan proteksionis Trump menimbulkan ancaman terhadap aturan internasional berbasis aturan.

“Yang paling membuat saya khawatir, adalah kenyataan bahwa aturan internasional berbasis aturan sedang ditantang. Cukup mengejutkan, bukan oleh tersangka biasa, tetapi oleh arsitek utama dan penjaminnya: AS,” kata Tusk.

TAGS : Amerika NAFTA Meksiko Kanada

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/36008/Trump-Bakal-Tindak-Tegas-Negara-yang-Langgar-Renegosiasi-NAFTA/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments