Take a fresh look at your lifestyle.

Topan Hato di Macau, Tiga Warga Tewas dan Transportasi Dihentikan

0 3
Topan Hato di Macau, Tiga Warga Tewas dan Transportasi Dihentikan

Pohon rubuh akibat topan hato yang melanda China bagian selatan

Beijing – Badai Hato yang melanda di beberapa wilayah China bagian selatan, menewaskan tiga warga Makau dan dua lainnya hilang. Pemerintah setempat menyampaikan, pria berusia 30 tahun tewas setelah badannya membentur dinding akibat dorongan angin yang sangat kuat.

Seorang pria lainnya berusia 62 tahun tewas akibat terjatuh dari rumahnya di lantai 11. Satu orang lagi wisatawan dari daratan China juga tewas dalam peristiwa bencana tersebut. Sementara itu, empat orang lainnya di Fai Chi Kin hilang pada Rabu pagi, namun dua di antaranya berhasil diselamatkan kemudian.

Harian South China Mourning Post mengabarkan,  warga Tai O, perkampungan nelayan di Pulau Lantao, Hong Kong, diungsikan karena topan Hao telah menyebabkan banjir yang bisa merusakkan rumah mereka. Dan menurut perkiraan Observatorium Hong Kong, permukaan air laut di perkampungan itu sekitar 3,9 meter di atas level normal.

Kemudian, topan tersebut memaksa Bandar Udara Internasional Hong Kong tertutup bagi penerbangan komersial. Namun pesawat milik maskapai penerbangan dari Belanda merupakan satu-satunya pesawat yang berani mendarat di bandara tersebut.

Saat pesawat KLM 887 yang terbang dari Amsterdam Belanda mendarat pada pukul 10.33 waktu setempat (09.33 WIB), kecepatan angin di Bandara Hong Kong berkisar antara 80 kilometer per jam hingga 113 kilometer per jam.

Pesawat Ethiopian Airlines dengan nomor penerbangan 672 dari Addis Ababa batal mendarat di Hong Kong dan terpaksa dialihkan ke bandara di daratan Tiongkok.

Akibat terjadinya badai itu, ribuan warga di beberapa wilayah selatan China telah diungsikan sejak Selasa (22/8) untuk mengantisipasi banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari topan Hato.

Tak hanya itu, kereta api jurusan Guangzhou-Nanning berhenti beroperasi , Rabu pukul 05.00 waktu setempat (04.00 WIB). Juga kereta api cepat yang menuju atau dari arah Shenzhen turut dibatalkan jadwal perjalanannya. (ant)

TAGS : Topan Hato China Bencana Alam

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/20598/Topan-Hato-di-Macau-Tiga-Warga-Tewas-dan-Transportasi-Dihentikan/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments