Take a fresh look at your lifestyle.

Teknik Lingkungan UII Peroleh Akreditasi Internasional

0 8
Teknik Lingkungan UII Peroleh Akreditasi Internasional

Kampus terpadu Universitas Islam Indonesia (UII).

Yogyakarta – Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta memperoleh akreditasi internasional dari Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET), Amerika Serikat.

“Program studi itu menjadi satu-satunya Program Studi Teknik Lingkungan di perguruan tinggi swasta yang memperoleh akreditasi internasional dari ABET,” kata Ketua Program Studi Teknik Lingkungan UII Hudori di Yogyakarta, Jumat.

Ia mengemukakan, ABET merupakan lembaga akreditasi internasional yang berkedudukan di Baltimore, AS. Lembaga itu mengakreditasi perguruan tinggi untuk program studi di bidang ilmu alam dan ilmu terapan, komputer, teknik, dan teknologi industri.

“Pada saat ini, ABET telah mengakreditasi 3.709 program studi pada 752 perguruan tinggi di 30 negara,” kata dia.

Menurut dia, capaian akreditasi ABET itu membuktikan bahwa kualitas pendidikan di Program Studi Teknik Lingkungan UII sudah setara dengan perguruan tinggi maju di dunia.

Akreditasi ABET menjadi jaminan penerapan standar untuk menghasilkan lulusan yang siap memasuki dunia keteknikan yang unggul di bidang inovasi dan teknologi maju serta antisipatif terhadap isu kesejahteraan dan keselamatan masyarakat.

Proses mendapatkan akreditasi itu dimulai sejak 2013 dengan diluncurkannya Kurikulum 2013 yang berstandar internasional. Pada 2014, proses belajar mengajar berstandar internasional sudah diterapkan di Program Studi Teknik Lingkungan UII.

Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) UII Widodo Brontowiyono mengatakan capaian itu semakin memantapkan kualitas pendidikan di FTSP UII yang telah siap menuju internasionalisasi.

“Di FTSP UII kini ada tiga program studi yang secara resmi menyandang akreditasi internasional dari lembaga akreditasi tingkat dunia, yakni Program Studi Teknik Sipil, Arsitektur, dan Teknik Lingkungan,” katanya. Ant

TAGS : UII akreditasi internasional

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/20373/Teknik-Lingkungan-UII-Peroleh-Akreditasi-Internasional/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments