Take a fresh look at your lifestyle.

Setelah di Puji-puji AS, Korut Tembakkan Tiga Rudal

0 4
Setelah di Puji-puji AS, Korut Tembakkan Tiga Rudal

Peluncuran rudal balistik Korea Utara pada 14 Mei 2017 lalu (foto: ITV)

Jakarta – Korea Utara pada Sabtu (26/8) menembakkan beberapa rudal jarak pendek ke laut di lepas pantai timur. Komando Pasifik militer Amerika Serikat mengatakan berhasil mendeteksi tiga rudal balistik jarak pendek, yang dilepas dalam waktu 20 menit

Tes tersebut terjadi hanya beberapa hari setelah pejabat senior AS memuji Korea Utara dan pemimpin Kim Jong Un karena tidak menembakkan rudal sejak akhir Juli. Kepala staf gabungan Korea Selatan mengatakan, proyektil diluncurkan dari Provinsi Kangwon timur ke laut.

Dari tiga rudal tersebut, satu tampaknya meledak dalam waktu singkat, sementara dua lainnya mengudara sekitar 250 km (155 mil) di arah timur laut, Komando Pasifik mengatakan, merevisi pernyataan sebelumya yang mengatakan dua rudal tersebut gagal.

Kemudian pada Sabtu, Gedung Biru Kepresidenan Korea Selatan mengatakan, Korea Utara mungkin menembakkan peluncur roket kaliber 300 mm yang ditingkatkan versinya namun militer masih menganalisis rincian proyektil tersebut.

Komando Pasifik mengatakan rudal tersebut tidak menimbulkan ancaman ke daratan AS atau wilayah Pasifik Guam, yang telah diancam oleh Korut awal bulan ini untuk mengelilingi lautan api.

Ketegangan sedikit mereda sejak pertukaran kata-kata yang keras antara Pyongyang dan Washington setelah Presiden AS Donald Trumpmemperingatkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, ia akan menghadapi api dan kemarahan  jika dia mengancam Amerika Serikat.

Uji coba rudal terakhir Korea Utara pada tanggal 28 Juli adalah rudal balistik antar benua yang dirancang untuk terbang sejauh 10.000 km (6.200 mil). Rudal tersebut mampu menghantam bagian-bagian daratan AS dalam jangkauan. Hal itu kemudian memicu kekhawatiran akan adanya konflik baru di semenanjung tersebut.

TAGS : Korea Utara Amerika Serikat Korea Selatan

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/20793/Setelah-di-Puji-puji-AS-Korut-Tembakkan-Tiga-Rudal/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments