Take a fresh look at your lifestyle.

Serangan Udara Koalisi Saudi Tewaskan 136 Warga Sipil

0 7
Serangan Udara Koalisi Saudi Tewaskan 136 Warga Sipil

Tentara Arab Saudi di Yaman

Riyadh – Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengunkapkan, serangan udara yang dilepaskan koalisi pimpinan Saudi di Yaman sudah menewaskan 136 warga sipil terhitung sejak 6 Desember tahun ini.  Sementara, 87 warga sipil lainnya di ibukota Sana`a, Saada dan Hudaydah masih cedera.  

“Kami sangat prihatin. Tingkat korban warga sipil di Yaman akibat melejit akibat serangan udara yang intensif dari koalisi, menyusul pembunuhan mantan Presiden Ali Abdullah Saleh di Sanaa pada 4 Desember,” kata juru bicara hak asasi manusia (HAM) Rupert Colville.

Tujuh serangan udara menghantam penjara di distrik Shaub, Sana`a, dan menewaskan sekitar 45 tahanan yang dianggap setia kepada Presiden Abd Rabbuh Mansur Hadi yang diakui secara internasional. Sementara 14 anak-anak dan enam orang dewasa tewas di sebuah rumah pertanian di Huydaydah pada  15 Desember. Dua anak dan delapan wanita yang kembali dari pesta pernikahan di gubernur Marib awal pekan ini juga tewas.

Seribu hari sejak serangan koalisi pimpinan-Saudi di Yaman, kelompok Houthi kembali melepas rudal ke ibukota Arab Saudi, Riyadh pada Selasa (19/12) malam.

Menurut laporan Reuters, peluru kendali tersebut menargetkan pengadilan kerajaan Saudi di istana al-Yamama, di mana sebuah pertemuan para pemimpin Saudi sedang berlangsung.

Koalisi yang dipimpin Saudi melakukan intervensi di Yaman Maret 2015 menyusul permintaan Hadi untuk membantu menetralisir ancaman teritorial yang diajukan ke Yaman oleh aliansi Houthi dan Saleh yang didukung Iran pada Maret 2015. Perang di negara termiskin di dunia Arab sudah berlangsung selama 1.000 hari.

Dinamika konflik  berubah sejak Saleh memutuskan hubungan dengan Houthis dan terbunuh di awal Desember. Pasukan yang setia kepada Saleh bergabung dengan tentara nasional Hadi dalam sebuah aliansi baru melawan Houthi dan merebut kembali Sana`a.

Pemerintah Amerika Serikat, Inggris dan Prancis, sebagai anggota tetap Dk PBB dan pemasok senjata utama ke Arab Saudi dan UEA, memiliki tanggung jawab khusus untuk menggunakan pengaruh mereka guna menekan mitra mereka di kawasan tersebut untuk mengakhiri krisis.

TAGS : Yaman Houthi Iran PBB Arab Saudi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26628/Serangan-Udara-Koalisi-Saudi-Tewaskan-136-Warga-Sipil-/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments