Take a fresh look at your lifestyle.

Sepanjang Desember 450 Warga Sipil Yaman Tewas

0 4
Sepanjang Desember 450 Warga Sipil Yaman Tewas

Warga Yaman lebih melihat serangan drone (Qatar News Agency / Twitter)

Yaman – Organisasi SAM untuk Hak Asasi Manusia (HAM) dan Kebebasan yang bermarkas di Jenewa merilis 450 warga sipil di Yaman tewas dalam serangan yang dilancarkan Koalisi Arab Saudi, Houthi dan pemerintah yang sah sepanjang Desember tahun lalu.

Dalam laporan yang dibulikasikan pada Rabu (17/1) tercatat, 1.937 pelanggaran yang dilakukan diseluruh Wilayah di Yaman sepanjang Desember. Pelanggaran itu termasuk serangan fisik, pelanggaran terhadapa kebebasan pers, penyiksaan dan penahan sewenang-wenang.

“Organisasi SAM untuk Hak dan Kebebasan mengecam semua kejahatan yang termasuk dalam laporan ini yang dianggap sebagai pelanggaran berat hukum humaniter internasional dan hukum hak asasi manusia,” ujarnya.

Lebih lanjut laporan tersebut menyebutkan, sekitar 279 warga sipil tewas akibat serangan udara koalisi yang dipimpin Arab Saudi, di samping pembunuhan yang diderita oleh pejuang Houthi yang didukung Iran.

Laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) baru-baru ini menyebutkan pelanggaran HAM atas intervensi asing di Yaman mendokumentasikan sejumlah korban sipil disebakan oleh oleh pemboman koalisi pimpinan Arab Saudi.

Panel tersebut memeriksa 10 serangan udara pada 2017 yang menewaskan 157 orang. Mereka menemukan serangant termasuk sebuah kapal migran,  motel dan lima bangunan tempat tinggal, menurut salinan laporan yang disampaikan kepada Al Jazeera.

“Sekalipun dalam beberapa kasus, koalisi yang dipimpin Saudi telah menargetkan tujuan militer yang sah, panel merasa sangat tidak mungkin prinsip-prinsip IHL (Hukum Humaniter Internasional) proporsionalitas, dan tindakan pencegahan dalam serangan terpenuhi,” kata laporan tersebut.

Menurut laporan PBB, hingga saat ini, lebih dari 10.000 orang tewas selama perang di Yaman berlangsung. Demikian disampaikan Al Jazeera, Rabu (17/12)

 

TAGS : Yaman Arab Saudi PBB Houthi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/27930/Sepanjang-Desember-450-Warga-Sipil-Yaman-Tewas/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments