Take a fresh look at your lifestyle.

Selebritis Tolak Kebijakan Donald Trump Soal Palestina

0 5
Selebritis Tolak Kebijakan Donald Trump Soal Palestina

Sejumlah demonstran menentang pengakuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terhadap Yerusalem sebagai ibukota Israel, di Times Square di New York City, Amerika Serikat pada 9 Desember 2017 (Mohammed Elshamy / Anadolu Agency)

Jakarta – Kelompok advokat sekaligus aktor, Hugh Grant and Viggo Mortensen mengeluarkan surat kecaman atas keputusan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengurangi pendanaan ke badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk pengungsi Palestina.

“Target sebenarnya dari serangan mematikan ini adalah rakyat Palestina sendir. Meskipun di balik kebijakan ini untuk membongkar institusi yang dituduh melindungi mereka,” jelasnya

Aktris Gillian Anderson, Olivia Wilde, Emma Thompson dan Tilda Swinton juga ikut mendatangani seruan tersebut. Surat itu dikeluarkan oleh Wishing Foundation, sebuah kelompok yang berbasis di London yang membantu anak-anak Palestina.

Mereka mengungkapkan rasa frustrasi mereka atas pembekuan upaya perdamaian Timur Tengah, Trump bulan ini menyalahkan warga Palestina atas kebuntuan dan mengancam akan mengurangi pendanaan Amerika Serikat

Washington kemudian menangguhkan setoroan sebesar USD65 juta atau sekitar Rp774 miliar kepada UNRWA, badan PBB yang memberikan layanan pendidikan, perawatan kesehatan dan layanan sosial lainnya kepada lebih dari 5 juta pengungsi Palestina dan keturunan mereka yang tersebar di Timur Tengah.

Pada Kamis (25/1), Trump mengatakan di Davos, Swiss, bahwa warga Palestina harus kembali ke perundingan perdamaian untuk menerima uang bantuan Amerika Serikat.

Amerika Serikat adalah donor tunggal terbesar untuk UNRWA. Badan tersebut telah meluncurkan permohonan penggalangan dana global dengan harapan dapat menutupi celah tersebut. Secara keseluruhan, ia menyediakan ratusan juta dolar setahun untuk orang-orang Palestina.

“Kami membela martabat untuk yang paling rentan, dan kami berdiri dengan pengungsi Palestina yang berjuang untuk hidup,” kata pernyataan tersebut.

Para selebriti tersebut meminta kepala PBB untuk mengadakan konferensi guna membangun sistem pendanaan yang stabil bagi agensi tersebut. Sementara itu, pemimpin 21 kelompok kemanusiaan internasional mendesak Ameriak Serikat untuk mempertimbangkan kembali keputusannya untuk menahan dana tersebut ke UNRWA. Ia mengingatkan konsekuensinya,  jika dana tersebut dipotong.

TAGS : Pelestina Donald Trump Selebriti

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/28331/Selebritis-Tolak-Kebijakan-Donald–Trump-Soal-Palestina/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments