Take a fresh look at your lifestyle.

Sekutu Amerika Serikat Desak Uni Eropa "Ikuti Kemauan" Trump

0 3
Sekutu Amerika Serikat Desak Uni Eropa "Ikuti Kemauan" Trump

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Mogherini (Foto: Financial Tribune)

Jeddah – Para menteri luar negeri Uni Eropa membujuk Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump untuk tidak menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran, tetapi tidak memberikan sanksi baru terhadap Teheran.

Inggris, Perancis dan Jerman yang bertemu dengan 28 menteri luar negeri Uni Eropa pada Senin (16/4) meminta agar memperluas sanksi terhadap Iran untuk menghukumnya karena ekspansionisme regional dan perannya dalam konflik di Suriah.

Dengan demikian, mereka akan membujuk AS untuk tidak menindaklanjuti ancamannya untuk meninggalkan kesepakatan 2015 untuk mengekang ambisi nuklir Iran.

Menteri Luar Negeri Denmark Anders Samuelson mengatakan mayoritas mendukung perluasan sanksi, sebab jam terus berdetak hingga batas waktu 12 Mei yang diberlakukan oleh Trump untuk merombak kesepakatan itu.

Simon Coveney, menteri luar negeri Irlandia, mengatakan ada kebutuhan untuk “mengirim sinyal kuat ke Iran bahwa kami prihatin dalam kaitannya dengan beberapa kegiatan mereka, khususnya di Suriah.

“Tetapi juga untuk mengirim pesan ke Washington bahwa kami berbagi keprihatinan mereka di beberapa daerah tersebut,” kata Coveney di sela-selata pertemuan tersebut.

Target untuk sanksi baru dapat mencakup baik milisi Iran dan non-Iran di Suriah. Tetapi keputusan apa pun harus mendapat dukungan bulat, dan negara-negara seperti Italia dan Swedia tidak yakin.

“Tidak ada konsensus saat ini,” kata kepala diplomatik Uni Eropa, Federica Mogherini, dikutip dari Arab News, Selasa (17/4)

“Saya tidak mengecualikan bahwa ini akan terjadi di masa depan tetapi itu tidak terjadi hari ini,” sambugnya.

TAGS : Kesepakatan Nuklir Uni Eropa Iran Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/32600/Sekutu-Amerika-Serikat–Desak-Uni-Eropa-Ikuti-Kemauan-Trump/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments