Take a fresh look at your lifestyle.

SDF Umumkan Rebut Raqqa dari ISIS

0 6
SDF Umumkan Rebut Raqqa dari ISIS

Pasukan Demokratik Suriah (SDF)

Jakarta – Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung Amerika Serikat mengumumkan keberhasilannya merebut Raqqa dari Islamic State Iraq and Syria (ISIS), setelah lebih dari empat bulan bertempur.

“Semuanya selesai di Raqqa, pasukan militer kita sudah menguasai Raqqa,” kata juru bicara SDF Talal Sello kepada AFP

Pengumuman tersebut muncul setelah pejuang SDF berhasil merebut stadion kota yang diketahui menjadi markas satu-satunya ISIS di Suriah, Raqqa.

“Pasukan Demokrat Suriah yang didukung oleh koalisi internasional berhasil menduduki stadion kota setelah menyerbu dan membersihkan sebagian besar wilayah tersebut,” kata observatorium untuk hak asasi manusia (HAM) yang berbasis di Inggris. Ia juga mengatakan, sebagian besar jihadis menyerah.

Sebelumnya pada Selasa (17/10), SDF mengatkan berhasil merebut kembali rumah sakit utama di Raqqa Suriah dari militan ISIS. Sementera pada saat yang sama pertempuran berlangsung di dekat stadion kota,

“Rumah sakit nasional dibebaskan dan sekitar 22 tentara bayaran asing terbunuh,” kata SDF

Pada Selasa (17/10), para jihadis menyatakan mundur di wilayah timur Suriah, Deir az-Zour, di mana pasukan rezim yang didukung Rusia merebut kembali wilayah-wilayah terpencil, yang selanjutnya mengurangi “kekhalifahan” yang tiga tahun lalu kira-kira seukuran Inggris.

Di Raqqa, hanya sekitar 300 pejuang ISIS, kebanyakan orang asing, diyakini masih berada di lingkungan terakhir yang masih berada di luar kendali SDF, sebuah aliansi Kurdi-Arab yang didukung oleh koalisi pimpinan Amerika Seriakt yang memerangi ISIS di Suriah dan Irak.

Kemajuan melawan ISIS pada Selasa, membara setelah SDF sebelumnya merebut bundaran terkenal yang digunakan oleh para jihad untuk pemenggalan dan penyaliban. Lingkaran lalu lintas Al-Naim dijuluki sebagai “Bundaran Neraka” oleh penduduk di bawah peraturan ISIS lebih dari tiga tahun di kota tersebut.

 

TAGS : ISIS Raqqa Suriah SDF Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/23393/SDF-Umumkan-Rebut-Raqqa-dari-ISIS/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments