Take a fresh look at your lifestyle.

Saudi Terlalu Lunak dengan AS

0 2
Saudi Terlalu Lunak dengan AS

Raja Arab Saudi, Salman Bin Abdulaziz menerima Emir Kuwait Sabah Al Ahmad Al Jaber Al Sabah pada tanggal 16 Oktober 2017 (Bandar Algaloud / Suudi Kraliyet Divanı / Anadolu Agency)

Istanbul – Pemerintah Turki mengkritik Arab Saudi yang dianggap terlalu lunak terhadap keputusan Amerika Serikat, usai mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel. Ia mengatakan beberapa negara Arab takut membuat marah Washington.

Demikian disampaikan pada pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerjasama Islam (KTT OKI), pada Rabu (13/12) malam di Istanbul.

Minggu lalu, Presiden Donald Trump minggu mengakui Yerusalem Sebagai ibukota Israel membuat marah banyak negara Muslim. Namun, hanya sedikit pemerintah yang menyamai semangat Turki yang megatakan, pihaknya akan terjun ke dunia “menjadi api tanpa akhir”.

Beberapa negara masih belum mengatakan siapa yang akan mereka kirim ke Istanbul. “Beberapa negara Arab telah menunjukkan tanggapan yang sangat lemah (di Yerusalem),” kata Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu.

“Sepertinya beberapa negara sangat pemalu Amerika Serikat,” sambungya dilansir Reuters, Kamis (14/12).

Ia mengatakan Mesir dan Uni Emirat Arab akan mengirim menteri luar negeri sementara Arab Saudi belum memutuskan. Ketiga negara memiliki hubungan yang rumit dengan Turki, melihat kaitan antara kebijakan Partai AK yang bermarkas di Partai Islam Erdogan dan gerakan Islam regional yang mereka lawan.

Beberapa negara lain, kata Cavusoglu, juga belum mengatakan siapa yang akan mereka kirim

Ia menyerukan pertemuan Organisasi Negara-negara Kerjasama Islam mampu menghadapi serangan Amerika Serikat dengan slogan, “Saya adalah kekuatan besar, dan saya dapat melakukan apa saja.”

“Kami akan membuat seruan untuk negara-negara yang sejauh ini tidak mengenal Palestina untuk melakukannya sekarang,” katanya.

“Kami ingin Amerika Serikat kembali dari kesalahannya,” tambahya

TAGS : Yerusalem Turki Israel Amerika Serikat Arab

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26299/Saudi-Terlalu-Lunak-dengan-AS/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments