Take a fresh look at your lifestyle.

Saudi Sebut Israel Memiliki Hak untuk Tanah Mereka Sendiri

0 4
Saudi Sebut Israel Memiliki Hak untuk Tanah Mereka Sendiri

Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (Foto: Reuters/Hamad I Mohammed)

Jakarta – Israel berhak untuk hidup damai di tanah mereka sendiri. Begitu kata pangeran putra mahkota Arab Saudi dalam wawancara yang diterbitkan pada Senin di majalah Amerika Serikat The Atlantic.

“Saya yakin orang Palestina dan Israel memiliki hak untuk memiliki tanah mereka sendiri. Tetapi perlu perjanjian damai untuk menjamin stabilitas bagi semua orang dan memiliki hubungan normal,” kata Salman, dikutip dari Reuters, Selasa (3/4)

Untuk diketahui, Arab Saudi sejak dulu tak mengakui Israel. Ia mengatakan, normalisasi hubungan bergantung pada penarikan Israel dari tanah Arab yang dijara dalam perang Timur Tengah 1967.

“Kami prihatin nasib masjid suci di Yerusalem dan hak-hak rakyat Palestina. Ini yang kami khawatirkan. Kami tidak memiliki keberatan terhadap orang lain,” kata Pangeran Mohammed yang saat ini  mengunjungi Amerika Serikat.

Peningkatan ketegangan antara Teheran dan Riyadh telah memicu spekulasi bahwa kepentingan bersama dapat mendorong Arab Saudi dan Israel untuk bekerja sama melawan apa yang mereka lihat sebagai ancaman umum Iran.

“Ada banyak kepentingan yang kami bagi dengan Israel dan jika ada perdamaian, akan ada banyak kepentingan antara Israel dan negara-negara Dewan Kerjasama Teluk,” Pangeran Mohammed menambahkan.

Arab Saudi membuka wilayah udaranya untuk pertama kalinya ke penerbangan komersial ke Israel bulan lalu, dimana seorang pejabat Israel memuji sebagai bersejarah setelah dua tahun upaya.

Pada November, seorang anggota kabinet Israel mengungkapkan kontak terselubung dengan Arab Saudi, pengakuan yang jarang. Meski begitu hubungan tersebut disangkal oleh Riyadh.

Arab Saudi mengutuk langkah Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel tahun lalu, tetapi para pejabat Arab mengatakan, Riyadh dan Amerika Serikat sedang melakukan strategi untuk rencana perdamaian Israel-Palestina yang masih dalam tahap awal fase pengembangan.

TAGS : Israel Arab Saudi Amerika Serikat

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/31677/Saudi-Sebut-Israel-Memiliki-Hak-untuk-Tanah-Mereka-Sendiri/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments