Take a fresh look at your lifestyle.

Saat Martabak Markobar Kalahkan Bisnis Mebel Jokowi

0 6
Saat Martabak Markobar Kalahkan Bisnis Mebel Jokowi

Presiden Jokowi dan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka

Bandung – Membangun brand value. Itulah nasehat penting Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menjadi pembicara kunci dalam acara Entrepreneurs Wanted! (EW!) di Gedung Sasana Budaya Ganesha Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Senin (18/12/2017).

Guna menggamblangkan nasehatnya tentang brand value, Jokowi mengisahkan kesuksesan bisnis martabak Markobar milik putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka. Brand value Markobar yang baru dirintis lima tahun, ternyata mampu mengalahkan bisnis mebel Jokowi yang sudah berjalan selama 27 tahun. Padahal, Jokowi mengaku shock saat Gibran mengungkapkan niatnya berbisnis martabak, lima tahun lalu. Ini wajar, karena mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu ingin sang putra sulung meneruskan bisnis mebelnya.

“Anak saya yang pertama tahu-tahu datang ke saya, Pak saya mau jualan martabak. Coba ini (perusahaan saya) sudah ada, sudah gede tinggal diterusin, digedein, jualan martabak. Saya shock ketika itu,” kata Presiden.

Seiring berjalannya waktu, Jokowi justru terkejut dengan perkembangan bisnis martabak Markobar yang semakin besar. Presiden tidak menyangka brand value Markobar melesat lima kali lipat lebih besar dibanding pabrik meubel miliknya yang dirintis selama 27 tahun. Yang sangat mengejutkan, lesatan brand value itu dicapai hanya dalam waktu lima tahun.

“Baru lima tahun brand value pabrik yang saya miliki dengan brand value Gibran kalah, Gibran lima kali lebih nilainya, lebih gede martabaknya,” kata Presiden.

Kisah martabak Markobar menyadarkan Jokowi tentang karakteristik pengusaha generasi lama yang kerap terjebak oleh fixed asset, termasuk urusan volume pabrik, jumlah karyawan, hingga kinerja ekspor. Padahal yang sangat penting dan laku dijual saat ini adalah brand value.

Jokowi meyakini bisnis yang dijalankan anak muda akan lebih cepat berkembang. Sebab, mereka memiliki ruang interaksi dan ekspresi tanpa batas, serta ditunjang kecepatan tinggi.

TAGS : Brand Value Jokowi Martabak Markobar

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26573/Saat-Martabak-Markobar-Kalahkan-Bisnis-Mebel-Jokowi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments