Take a fresh look at your lifestyle.

Rudal ICBM Korut Kembali Mengudara di Jepang

0 6
Rudal ICBM Korut Kembali Mengudara di Jepang

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong un menyaksikan peluncuran rudal balistiknya (Foto: Reuters)

Seoul – Sejak meluncurkan rudal pada pertengahan September lalu, Korea Utara kembali menembakkan rudal balistik antar benua (ICBM) yang mendarat di dekat Jepang pada Rabu (29/11). Sebelumnya, pada 15 September bulan lalu, rudal Pyongyang juga mendarat di pulau Hokkaido utara Jepang.

Korea Utara melepaskan rudal tersebut seminggu setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali memasukkan  kembali nama Korea Utara sebagai negara mensponsori terorisme. Penunjukan yang memberi leluasa Gedung Putih menjatuhkan lebih banyak sanksi. Meskipun beberapa ahli menyebut langkah tersebut berisiko menimbulkan ketegangan di Semenanjung Korea.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan bahwa rudal tersebut dipecat dari Pyongsong, sebuah kota di Provinsi Pyongan Selatan, sekitar pukul 18.1 GMT waktu setempat mengenai laut antara Korea Selatan dan Jepang. Militer Korea Selatan mengatakan rudalnya memiliki ketinggian sekitar 4.500 km (2.800 mil) dan terbang sejauh 960 km (600 mil).

Juru bicara Pentagon Kolonel Robert Manning mengatakan, penilaian awal Pentagon adalah rudal ICBM yang dilepas dari Sain Ni di Korea Utara. Ia menempuh perjalanan sekitar 1.000 km sebelum terjun ke Laut Jepang. Rudal tersebut tidak menimbulkan ancaman bagi wilayah atau sekutu Amerika Serikat, kata Pentagon.

“Pemerintah Jepang memperkirakan bahwa rudal tersebut mengudara selama sekitar 50 menit dan mendarat di laut di zona ekonomi eksklusif Jepang,” kata NHK penyiar Jepang dilansir Reuters, Rabu (29/11)

Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera mengatakan rudalnya mencapai ketinggian 4.000 kilometer (2.485 mil) dan bubar sebelum mendarat di zona ekonomi eksklusif Jepang. Ia mengatakan bahwa dinilai sebagai kelas ICBM yang diberi lonceng lofted.

“Kami tidak akan menyerah pada tindakan provokatif dan akan meningkatkan tekanan ke tingkat tertinggi,” kata Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan kepada wartawan.

Menurut beberap diplomat, Amerika Serikat dan Jepang meminta sebuah pertemuan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada hari Rabu setelah uji coba tersebut.

 

 

 

TAGS : Korea Selatan ICBM Jepang

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/25504/Rudal-ICBM-Korut-Kembali-Mengudara-di-Jepang/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments