Take a fresh look at your lifestyle.

Rouhani Minta China dan Bangladesh Bersikap Ramah Terhadap Rohingya

0 3
Rouhani Minta China dan Bangladesh Bersikap Ramah Terhadap Rohingya

Presiden Iran, Hassan Rouhani (Foto: Tehran Time)

Jakarta – Badan pengungsi PBB, UNHCR pada Jumat (8/9), mengumumkan lonjakan dramatis jumlah pengunsi etnis Rohingya yang melarikan diri dari kekerasan di negara bagian Rakhine, Myanmar. Hanya dalam dua minggu, sekitar 270.000 orang mencari suaka di Bangladesh

Kelompok hak asasi manusia (HAM) mengatakan, sekitar 450 bangunan ludes dibakar di kota perbatasan Myanmar yang sebagian besar dihuni oleh Rohingya, yang juga minoritas Muslim. Sementara itu, ribuan orang turun ke jalan di Asia pada Jumat mengecam perlakuan Myanmar terhadap minoritas Muslim Rohingya.

Kelompok politik dan Islam, bersama dengan organisasi masyarakat sipil lainnya, bergabung dalam demonstrasi di ibukota Bangladesh Dhaka mendesak pemerintah Myanmar berhenti melakukan genosida dan memanggil mereka yang sedang mencari perlindungan di tempat lain.

Ratusan plakat dan spanduk mengkritik pemenang Hadiah Nobel Perdamaian dan pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi. Protes juga terjadi di Malaysia, Filipina, Indonesia, Pakistan, dan Iran dimana Presiden Hassan Rouhani mengutuk kejahatan brutal Myanmar terhadap Muslim Rohingya.

Rouhani mengecam kelambanan organisasi internasional dalam hal ini untuk menekan pemerintah dan tentara Myanmar. Selain itu, ia mendesak China dan Bangladesh, dua negara tetangga di Myanmar, untuk meningkatkan bantuan mereka dan lebih ramah kepada para pengungsi.

Peraih Nobel Desmond Tutu  meminta Aung San Suu Kyi mengakhiri operasi pimpinan militer melawan minoritas Rohingya Myanmar. ”Saya sekarang tua, jompo dan pensiun secara resmi, tapi saya akan melanggar sumpah jika tetap diam dalam urusan publik,” tulisnya dalam sebuah surat yang diposkan di media sosial.

”Bersikap diam dan berpangku tangan tidak sesuai dengan simbol Nobel Perdamaian untuk memimpin negara tersebut,” kata aktivis anti-apartheid tersebut

TAGS : Myanmar Rohingya Bangladesh Iran PBB

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/21538/Rouhani-Minta-China-dan-Bangladesh-Bersikap-Ramah-Terhadap-Rohingya/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments