Take a fresh look at your lifestyle.

Ribuan Pejuang ISIS Masih Bersarang di Irak dan Suriah

0 4
Ribuan Pejuang ISIS Masih Bersarang di Irak dan Suriah

Islamic State Iraq and Syria (ISIS) menggelar parade di Raqqa pada bulan Juni 2014 (Photo credit: Reuters)

Baghdad – Kurang dari 1.000 militan Islamic State Iraq and Syria (ISIS) masih berada di Irak dan Suriah. Demikian disampaika koalisi internasional yang dipimpin Amerika Serikat (AS) yang memerangi kelompok teroris tersebut.

Irak dan Suriah mengumumkan kemenangan atas ISIS dalam beberapa pekan terakhir, setelah berhasil mengusir para pejuang dari semua kota dan desa.

AS yang memimpin  koalisi internasional untuk melakukan serangan udara terhadap ISIS sejak tahun 2014 ketika kelompok tersebut menguasai sepertiga dari Irak. Pasukan AS bertugas sebagai penasihat di lapangan dengan pasukan pemerintah Irak dan kelompok Kurdi dan Arab di Suriah.

“Atas komitmen Koalisi dan kompetensi yang ditunjukkan dari mitra kami di Irak dan Suriah, diperkiraka kurang dari 1.000 teroris ISIS di area operasi bersama gabungan kami, yang sebagian besar diburu di daerah gurun pasir timur Suriah dan Irak Barat,” kata koalisi pimpinan AS kepada Reuters dalam sebuah pernyataan email.

Pada Rabu (27/12) Sekutu utama Assad Rusia juga mengatakan bahwa pertempuran utama dengan ISIS di Suriah sudah berakhir. Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov mengatakan bahwa tugas utama di Suriah sekarang menghancurkan kelompok ISIS lain, yaitu Front Nusra.

Koalisi pimpinan AS mengatakan pada 5 Desember bahwa ada kurang dari 3.000 pejuang yang tersisa. Irak mengumumkan kemenangan akhir atas kelompok tersebut pada 9 Desember.

Sebagian besar pejuang ISIS atau tertangkap dalam tiga tahun terakhir. Menanggapi kemungkinan ISIS lolos ke negara lain. Ia  mengatakan bahwa pihaknya berupaya untuk mencegah hal tersebut.

“Kami dapat memberitahu Anda bahwa kami bekerja sama dengan mitra kami untuk membunuh atau menangkap semua teroris ISIS yang tersisa, untuk menghancurkan jaringan mereka dan mencegah kebangkitan mereka, dan juga untuk mencegah mereka melarikan diri ke negara-negara yang berbatasan,” katanya.

TAGS : ISIS Amerika Serikat Irak Suriah

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26988/Ribuan-Pejuang-ISIS-Masih-Bersarang-di-Irak-dan-Suriah/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments