Take a fresh look at your lifestyle.

Raja Arab Terima Pengunduran Diri PM Libanon Saad al-Hariri

0 3
Raja Arab Terima Pengunduran Diri PM Libanon Saad al-Hariri

Perdana Menteri Libanon Saad al-Hariri (Foto: Reuters / Mohamed Azakir)

Riyadh – Raja Saudi Salman bin Abdulaziz menerima mengundurkan diri Perdana Menteri Libanon Saad al-Hariri pada  Senin (6/11). Demikian disampaikan portal berita Al Arabiya News Channel.

Pengunduran diri Hariri disampaikan di ibukota Saudi, Riyadh dan disebarluaskan oleh media setempat. Pengumuman itu disinyalir adanya rencana pembunuhan yang mengancam nyawanya.

Dalam pidatonya, Hariri menuduh Iran dan milisi proksi Lebanon, Hizbullah, mencoba menciptakan perselisihan di negara tersebut, dan juga di seluruh wilayah Timur Tengah.

Ia mengatakan bahwa pihak luar (menyinggung Iran) menginginkan kejahatan di Lebanon. Ia menyebut Tehran mencampuri urusan dalam negeri negara-negara Arab lainnya, termasuk Suriah, Irak, Bahrain dan Yaman.

Hariri kemudian mengklaim bahwa iklim politik di Lebanon saat ini mirip yang terjadi pada ayahnya, almarhum Perdana Menteri Rafiq al-Hariri, dibunuh pada bulan Februari 2005, dan bahwa ia merasakan rencana yang sama terhadap hidupnya sendiri. Media Arab dan Lebanon telah lama menuduh Hizbullah membunuh Hariri yang lebih tua.

Sejumlah penjabat Iran termasuk, kepala staf pemerintahan Presiden Rouhani, Mahmoud Vaezi menolak tuduhan Hariri terhadap Iran. Ia mengatakan pengunduran diri Hariri terdengar mencurigakan. Selain itu, ia menyebut teks pengunduran diri Hariri didikte oleh orang-orang Saudi

Lebih lanjut, Vaezi mengatakan Riyadh dan Barat telah berada di belakang tindakan tersebut. “Ini adalah tindakan tidak beraturan yang tidak beralasan dan kami harap ini tidak berdampak buruk pada Lebanon,” kata Vaezi, dilansir Tehran Time, Senin (6/11)

Seorang sumber resmi Iran mengatakan, pengunduran diri Hariri terjadi setelah Iran menolak permintaan Riyadh untuk berhenti mengekspresikan dukungan bagi negara Yaman yang tertindas dalam menghadapi perang Saudi yang mematikan.

 

 

 

TAGS : Arab Saudi Iran Saad al-Hariri Lebanon

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/24355/Raja-Arab-Terima-Pengunduran-Diri-PM-Libanon-Saad-al-Hariri-/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments