Take a fresh look at your lifestyle.

Putra Gadaffi Terjun ke Politik

0 2
Putra Gadaffi Terjun ke Politik

Saif al-Islam Gadaffi

Tripoli – Anak bekas pemimpin Libya Muhammad Gadaffi, Saif al-Islam Gadaffi mengikuti jejak sang ayah di dunia politik. Usai bebas dari tahanan, Said bertemu sejumlah politisi dan pemimpin suku untuk menyatukan faksi opsisi dan pendukung pemerintah di negara tersebut.

Pemerintahan di Libya saat ini terbagi menjadi dua kelompok. Pertama pemerintah yang didukungan oleh Barat dan PBB bernama Badan Keselamatan Nasioanl (GNA), kedua kelompok oposisi di bawah pimpinan Jenderal Khalifa Haftar yang bertindak sebagai oposisi.

Sebagian besar ladang minyak di Libya dikuasai oleh oposisi. Dan GNA sempat menawarkan agar Haftar bergabung ke pihak pemerintah, namun dia menolak, dan memilih membentuk tentaranya sendiri, yang disebut Tentara Nasional Libya.

“Mereka (kedua kelompok tersebut, Red) tidak bekerja untuk menstabilkan negara, tapi saling menjalin kesepakatan untuk membela kepentingan mereka sendiri, yang jauh dari kepentingan rakyat Libya,” kata pengacara Saif, Khaliz al-Zaidi dikutip dari Morning Star, Jumat (20/10).

Zaidi juga menyebut pemerintah GNA tidak pro-rakyat, melainkan tunduk pada kepentingan asing di belakangnya. “Kepentingan asing itu mencari keuntungan dari krisis berkepanjangan yang melanda Libya,” ujarnya.

“Situasi saat ini di Libya adalah tidak adanya dialog dan keselahpahaman tentang kondisi sebenarnya, di sana menjadi poin penting bagi Saif al-Islam Gadaffi kembali ke jalur politik, untuk mencari penyelesaian politik,” tambahnya.

Dalam sebuah jajak pendapat yang diterbitkan Rabu (18/10) lalu, dukungan terhadap Gadaffi turun drastis, dibandingkan pemerintah GNA yang didukung oleh Barat dan PBB. GNA dipercaya rakyat mampu menyelesaikan persoalan yang terjadi di negara Afrika Utara tersebut.

TAGS : Libya Muammar Gadafi Timur Tengah

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/23492/Putra-Gadaffi-Terjun-ke-Politik/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments