Take a fresh look at your lifestyle.

Profile Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak (S1)

0 0

Bina Sarana Informatika atau lebih dikenal dengan singkatan BSI, merupakan salah satu kampus swasta yang cukup terkenal di Jabodetabek. BSI didirikan pada tahun 1988 dengan tujuan mendidik tenaga-tenaga terampil dan profesional di bidang computer demi memenuhi kebutuhan SDM dalam pembangunan nasional.

Setelah 32 lebih hadir di Indonesia, kini BSI telah meluluskan banyak tenaga profesional di bidang komputer. Selain itu, fakultas UBSI telah berkembang menjadi tiga fakultas, dengan 19 jurusan, terdiri dari 9 program studi S1, dan 12 program studi D3. Diantara 19 program studi, terdapat dua dengan jenjang S1 dan D3, yakni program studi Sistem Informasi dan Akuntansi.

Photo by Hack Capital on Unsplash

Meski saat ini UBSI memiliki cukup banyak program studi, namun ada satu program studi yang cukup banyak diminati, yakni Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak UBSI. Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak dianggap sebagai salah satu Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak terbaik. Jurusan kuliah ini fokus pada pemeliharaan perangkat lunak dengan menerapkan prinsip engineering (keteknikan).

Program Studi Rekayasa Perangkat UBSI hadir dengan visi menjadi program studi yang unggul dan memiliki daya saing secara global di bidang rekayasa, serta perangkat lunak yang nantinya mampu mendukung ekonomi kreatif pada tahun 2003.

Sedangkan visi dari program studi ini adalah menyelenggarakan pendidikan bermutu di bidang rekayasa perangkat lunak, menyelenggarakan penelitian di bidang perangkat lunak, melakukan pengabdian masyarakat melalui penyebaran ilmu yang relevan, hingga mengelola program studi secara mandiri, serta menjalin kerjasama dengan pihak luar maupun dalam negeri.

 

Aspek Umum Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak

Photo by Headway on Unsplash

Demi memaksimalkan proses hasil belajar para mahasiswa dan mahasiswi, prodi Studi Rekayasa Perangkat Lunak memiliki 11 aspek umum yang ingin dicapai.

  1. Mampu merancang definisi kebutuhan pengguna dengan model sistematis sebagai panduan dalammengembangkan berbagai perangkat lunak.
  2. Memiliki pengetahuan cukup tentang cara membangun perangkat lunak (software system) serta perangkat lunak penunjang (software tool)
  3. Memiliki pengelolaan yang baik dan manajerial diri sendiri maupun tim, serta mampu melakukan presentasi dengan baik.
  4. Mampu berpikir kritis dan mengidentifikasi sebuah masalah dan bagaimana cara pemecahannya secara komprehensif. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasar informasi dan data.
  5. Mampu mendemonstrasikan kemampuan komunikasi baik lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis hingga non teknis.
  6. Mampu menjadi pemimpin dan bertanggung jawab terhadap tim maupun diri sendiri.
  7. Memiliki integritas profesional serta memiliki komitmen terhadap nilai-nilai etika
  8. Memiliki kemauan belajar yang tinggi seumur hidup.
  9. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, hingga inovasi dalam konteks pengembangan atau implementasi iptek sesuai dengan bidang keahlian masing-masing
  10. Mampu mengkaji implikasi pengembangan dan implementasi ilmu pengetahuan sesuai bidang keahlian yang dipelajari.
  11. Terakhir,berani mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah sesuai bidang keahlian, disesuaikan dengan hasil analisis dan data.

 

Lokasi-lokasi Kampus UBSI

Saat ini UBSI memiliki beberapa kampus utama dan kampus prodi diluar kampus utama. Kampus utama terletak di area Jabodetabek, meliputi UBSI Margonda, UBSI Slipi, UBSI Kalialang, UBSI Dewi Sartika A, UBSI Dewi Sartika B, UBSI Jatiwaringin, UBSI Kalimalang dan masih banyak lainnya.

Selain area Jabodetabek, UBSI juga memiliki kampus prodi diluar kampus utama yang tersebar di Yogyakarta, Sukabumi, Bogor, Bekasi, Karawang, Banyumas, Tegal, Surakarta, Tasikmalaya, hingga yang paling jauh ada di Pontianak, Kalimantan Barat.

Untuk Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak hanya tersedia di kampus utama. Jadi teman-teman yang mengambil prodi ini harus berpindah ke wilayah Jabodetabek.

 

Lembaga Tambahan di UBSI

Sukses dengan lembaga pendidikan, tak lantas membuat BSI berhenti sampai disitu. Demi mengembangkan kemampuan para alumni UBSI dan mahasiswa aktif nya, UBSI menghadirkan beberapa lembaga tambahan.

Total ada 5 lembaga yang saat ini sedang dikembangkan oleh UBSI, yakni BSI Career, BSI Startup, BSI News, BSI Entrepreneur Center, serta BSI Innovation Center.

Lembaga-lembaga tersebut hadir dengan tujuan untuk membantu memudahkan para alumia ataupun mahasiswa aktif dalam mengembangkan kemampuan sesuai bidang masing-masing. Prodi Rekayasa Perangkat Lunak misalnya. Para mahasiswa aktif maupun alumni UBSI bisa mengembangkan keahliannya pada bidang BSI Startup, serta BSI Career.

1. BSI Startup Center

Seperti kita tahu startup saat ini menjadi bisnis yang menggiurkan dan dianggap mudah bagi para ahli programmer. Orang-orang yang mempelajari perangkat lunak pasti sangat familiar dengan bisnis ini. Tak heran jika kemudian UBSI mengembangkan BSI Startup Center. Tujuannya apa, tak lain untuk mengumpulkan para pengembang startup supaya lebih dikenal.

2. BSI Career

Lembaga career sampai saat menjadi salah satu yang tak ada habisnya diburu para pencari kerja. fungsi dari hadirnya BSI Career adalah memberikan ruang bagi para alumni UBSI yang ingin mencari pekerjaan. Saat ini UBSI tak hanya melakukan kerja sama dengan kampus luar, namun juga menjalin kerjasama dengan perusahaan ternama, demi mengembangkan kemampuan para alumninya.

 

Prospek lulusan Teknik Informasi

Memutuskan mengambil kuliah di program studi Rekayasa Perangkat Lunak UBSI adalah pilihan yang tepat. Universitas Jurusan Rekayasa Perangkat lunak saat ini cukup jarang. Ditambah Akreditasi UBSI saat ini berada pada level B, dan prospek kerja prodi Rekayasa Perangkat Lunak saat ini cukup besar dan banyak.

BSI

Tujuan rekayasa perangkat lunak adalah untuk mendapatkan biaya produksi perangkat lunak yang rendah, menghasilkan perangkat dengan kinerjanya tinggi, andal, tepat waktu, mampu bekerja pada berbagai jenis platform, hingga menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah.

Beberapa peluang pekerjaan bagi lulusan Rekayasa Perangkat Lunak adalah Software Engineer (perekayasa perangkat lunak), Mobile Computing Developer (pengembang komputasi mobile) dan Cloud Computing Developer (pengembang komputasi awan). Menarik bukan?

Nah, bagi anda yang sudah memutuskan mengambil program studi Rekayasa Perangkat Lunak UBSI, bisa melakukan pendaftaran secara online. Semua pendaftaran dilakukan secara online melalui aplikasi PMB-UBSI.

Apa itu Profile Program Studi Rekayasa lunak di UBSI?

UBSI memiliki cukup banyak program studi, namun ada satu program studi yang cukup banyak diminati, yakni Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak UBSI. Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak dianggap sebagai salah satu Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak terbaik. Jurusan kuliah ini fokus pada pemeliharaan perangkat lunak dengan menerapkan prinsip engineering (keteknikan).

Apa Aspek Umum Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak?

1. Mampu merancang definisi kebutuhan pengguna dengan model sistematis sebagai panduan dalammengembangkan berbagai perangkat lunak. 2. Memiliki pengetahuan cukup tentang cara membangun perangkat lunak (software system) serta perangkat lunak penunjang (software tool) 3. Memiliki pengelolaan yang baik dan manajerial diri sendiri maupun tim, serta mampu melakukan presentasi dengan baik. 4. Mampu berpikir kritis dan mengidentifikasi sebuah masalah dan bagaimana cara pemecahannya secara komprehensif. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasar informasi dan data. 5. Mampu mendemonstrasikan kemampuan komunikasi baik lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis hingga non teknis. 6. Mampu menjadi pemimpin dan bertanggung jawab terhadap tim maupun diri sendiri. 7. Memiliki integritas profesional serta memiliki komitmen terhadap nilai-nilai etika 8. Memiliki kemauan belajar yang tinggi seumur hidup. 9. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, hingga inovasi dalam konteks pengembangan atau implementasi iptek sesuai dengan bidang keahlian masing-masing 10. Mampu mengkaji implikasi pengembangan dan implementasi ilmu pengetahuan sesuai bidang keahlian yang dipelajari. 11. Terakhir,berani mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah sesuai bidang keahlian, disesuaikan dengan hasil analisis dan data.

Dimana saja lokasi kampus UBSI?

Saat ini UBSI memiliki beberapa kampus utama dan kampus prodi diluar kampus utama. Kampus utama terletak di area Jabodetabek, meliputi UBSI Margonda, UBSI Slipi, UBSI Kalialang, UBSI Dewi Sartika A, UBSI Dewi Sartika B, UBSI Jatiwaringin, UBSI Kalimalang dan masih banyak lainnya. Selain area Jabodetabek, UBSI juga memiliki kampus prodi diluar kampus utama yang tersebar di Yogyakarta, Sukabumi, Bogor, Bekasi, Karawang, Banyumas, Tegal, Surakarta, Tasikmalaya, hingga yang paling jauh ada di Pontianak, Kalimantan Barat. Untuk Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak hanya tersedia di kampus utama. Jadi teman-teman yang mengambil prodi ini harus berpindah ke wilayah Jabodetabek.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments