Take a fresh look at your lifestyle.

Presiden Jokowi Diminta Segera Bentuk TGPF Kasus Novel KPK

0 6
Presiden Jokowi Diminta Segera Bentuk TGPF Kasus Novel KPK

Seorang aktivis yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi membentang poster saat mengikuti aksi dukungan di depan gedung Merah Putih KPK.

Jakarta – Presiden Joko Widodo diminta untuk segera membentuk tim gabungan pencari fakta (TGPF) kasus teror terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan. Dorongan pembentukan TGPF itu demi mengungkap teror penyiraman air keras terhadap Novel oleh orang tak dikenal.

“Ini untuk bisa mengungkap pelaku lapangan, otak penyerangan Novel, sampai pada motifnya,” ungkap  Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo dalam diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (5/8/2017).

Menurut Adnan, koalisi masyarakat sipil sejak awal memang sudah menuntut presiden membentuk TGPF. Hal tak jauh berbeda juga disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Dahnil Azhar Simanjuntak.

TGPF dinilai penting dibentuk mengingat kasus ini sudah bergulir hingga hari ke 116, namun Polri belum dapat menangkap pelakunya. Pembentukan TGPF juga dapat mencerminkan semangat Jokowi dalam upaya pemberantasaan korupsi.

“Kami minta Presiden Jokowi meninggikan komitmennya memberantas korupsi dengan membentuk TGPF di kasus Novel,” ujar Dahnil Azhar Simanjuntak dalam kesempatan yang sama.

Meski demikian, Dahnil mengatakan, kehadiran TGPF jangan sampai disalah artikan untuk menampar pihak kepolisian yang tidak kunjung berhasil mengungkap kasus tersebut. Tetapi, sambung Dahnil, langkah tersebut merupakan upaya mengungkap teror kepada upaya pemberantasan korupsi yang terjadi masif di Indonesia.

“Ini bukan penyerangan pribadi kepada Novel saja, tapi ini jelas sebuah teror oleh teroris yang ingin pemberantasan korupsi Indonesia lemah dan menimbulkan ketakutan,” ujar Dahnil.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono juga sependapat dengan pembentukan TGPF. Diharapkan tim tersebut dapat memberikan keadilan bagi salah satu penyidik senior KPK itu.

“Saya setujui segera bentuk TGPF, memang harus ada tim yang diinisiasi serta didukung presiden supaya bisa terungkap siapa pelaku dan apa motifnya. Gerindah dukung pembentukan TGPF,” ucap Ferry Juliantono.

Ferry juga sependapat bahwa Presiden Jokowi harus membuktikan kalau memang punya komitmen kuat memberantas korupsi dengan membentuk TGPF. “Kami ingin berupaya apa yang selama ini tidak terungkap bisa terungkap. Kami minta semua mendorong TGPF,” ujar Ferry.

TAGS : Novel Baswedan KPK Jokowi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/19752/Presiden-Jokowi-Diminta-Segera-Bentuk-TGPF-Kasus-Novel-KPK/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments