Take a fresh look at your lifestyle.

Prancis Tetap Sambut Hariri Sebagai Perdan Menteri

0 7
Prancis Tetap Sambut Hariri Sebagai Perdan Menteri

Emmanuel Macron terpilih Jadi Presiden Prancis dengan total suara 65,1

Paris  – Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan akan menyambut pemimpin Libanon Saad Hariri dengan penghormatan sebagai perdana menteri. Ia memperkirakan Hariri kembali ke Lebanon dalam beberapa hari atau mungkin minggu.

Hariri dan keluarganya diperkirakan akan bertemu Macron pada hari Sabtu (18/11) hari ini di ibukota Prancis, Paris, menyusul sebuah undangan oleh presiden Prancis awal pekan ini.

“Saya akan  memanggilnya sebagai Perdana Menteri Hariri sebagai. Memang, ia sudah mengundurkan diri, namun pengunduran dirinya belum diakui di negaranya, karena ia belum  berada di Lebanon,” kata Macron pada sebuah konferensi di Gothenburg, Swedia, pada Jumat (17/11) waktu setempat.

“Jadi saya akan menyambutnya sebagai perdana menteri,” tambahnya.

“Saya percaya,  Hariri akan  kembali ke negaranya dalam  beberapa hari atau minggu-minggu berikutnya. Kemungkinan ia akan mendiskusikan masa depannya sendiri, tapi saya tidak ragu mengenai hal ini,” jelasnya dilansir Al Jazeera, Sabtu (18/11)

Rumor

Undangan Macron kepada Hariri pada  Rabu (15/11) datang beberapa jam setelah Presiden Lebanon Michel Aoun mengatakan tidak ada yang membenarkan penahanan Hariri di Arab Saudi.

Pada  Kamis (16/11), Aoun menyambut baik berita perjalanan Hariri ke ibukota Prancis

“Kami berharap bahwa krisis sudah berakhir dan penerimaan Hariri akan undangan berkunjung ke Prancis adalah awal dari sebuah solusi,” tulisnya melalui akun Twitter resmi presiden tersebut.

“Jika Bapak Hariri berbicara dari Prancis, saya akan mempertimbangkan untuk berbicara dengan bebas, namun pengunduran dirinya harus dipresentasikan di Lebanon, dan dia harus tetap di sana sampai terbentuknya pemerintahan baru,” kata Aoun kemudian dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantornya.

Tidak ada konfirmasi apa yang akan dilakukan Hariri setelah mengunjungi Paris, namun Okab Sakr, seorang politikus Lebanon dari partai politik Gerakan Hariri, mengatakan pada  Rabu (16/11) bahwa pemimpin Lebanon kemungkinan akan mengunjungi negara lain sebelum sampai ke Beirut.

“Kemungkinan besar dia akan melakukan tur ke beberapa negara Eropa dan Arab untuk menjelaskan posisi Lebanon dalam krisis saat ini sebelum ia kembali ke Lebanon,” katanya.

TAGS : Lebanon Saad Hariri Prancis Arab Saudi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/24957/Prancis-Tetap-Sambut-Hariri-Sebagai-Perdan-Menteri/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments