Take a fresh look at your lifestyle.

Polisi Tangkap Pemasang Bendera ISIS di Polsek Kebayoran Lama

0 5
Polisi Tangkap Pemasang Bendera ISIS di Polsek Kebayoran Lama

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto

Jakarta – Polisi menangkap Ghilman Omar Harridhi (20) pelaku pemasang bendera ISIS di Polsek Kebayoran Lama, pada Jumat (7/7/2017) malam. Ghilman ditangkap di kawasan Kebayoran Lama. 

“Pelaku ditangkap tanggal 7 Juli 2017 sekitar pukul 21.00 WIB di sekitar Jalan H Nurisan, Kebayoran Lama,” ucap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Rikwanto dalam keterangannya, Minggu (9/7/2017).

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, kata Rikwanto, pelaku telah merencanakan aksinya sehari sebelum pemasangan bendera tersebut. Bahkan, pelaku sempat melakukan survei pada 2 Juli lalu ketika mengantar neneknya ke pasar menggunakan sepeda motor milik tantenya.  Pada 2 Juli, pelaku juga surat ancaman. Kemudian surat ancaman itu diletakan bersamaan saat pemasangan bendera.

Dikatakan Rikwanto, pelaku dalam melakukan aksinya terinspirasi salah satu pentolan ISIS di Indonesia Aman Abdurrahman. Pembuatan surat itu juga terinspirasi dari buku karangan Aman. pelaku juga membuat bendera ISIS sendiri.

“Dia buat sendiri di rumahnya pada 2 Juli 2017. Kemudian setelah dirasa sepi dan aman pada tanggal 3 Juli 2017 sekitar pukul 03.00 WIB pelaku memasang sendiri bendera ISIS,” terang Rikwanto.

Ghilman Omar sendiri mendapat pemahaman radikal sejak tahun 2015 melalui grup telegram yakni Manjanik, Gruroba, UKK, dan Khilafah Islamiyah. 
Ghilman Omar juga pernah berbaiat pada ISIS pertengahan 2017 dengan teks yang dipeoleh dari grup telegram Khilafah Islamiyah. 

Tak hanya itu, lanjut Rikwanto, Ghilman Omar juga pernah melakukan idad atau mempersiapkan tubuh agar dapat jihad kapan pun menggunakan panah dan busur panah yang dimilikinya. 

“Setelah baiat kemudian menyiapkan fisik dengan lari, sit up, push up, dan back up si rumahnya,” ujar Rikwanto. 

Lebih lanjut diungkapkan Rikwanto, pelaku melakukan pemasangan bendera ISIS untuk memberikan peringatan kepada seluruh aparat mengenai haramnya hukum demokrasi. “Dia juga mengingatkan kepada seluruh aparat bahwa Islam akan berkuasa di dunia dan mendirikan khilafah,” tandas Rikwanto.

TAGS : Teroris Bendera ISIS

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/18579/Polisi-Tangkap-Pemasang-Bendera-ISIS-di-Polsek-Kebayoran-Lama/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments