Take a fresh look at your lifestyle.

PM Turki bersumpah Basmi Teroris

0 1
PM Turki bersumpah Basmi Teroris

Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim menyerukan perbaikan hubungan bilateral Turki dengan Suriah (Foto: VOA).

Giresun – Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim menegaskan, Turki akan membasmi teroris dari Eufrat Timur seperti yang dilakukan oleh pasukan Turki di sebelah barat sungai.

“Bagian barat Eufrat sudah aman. Bagian timurnya juga akan diamankan. Tidak ada cara lain. Kita tidak bisa hidup berdampingan dengan teror. Kita tidak mengizinkannya,” kata Yildirim.



Dia saat itu sedang berada di provinsi Giresun di Laut Hitam untuk menghadiri apel politik. “Kami telah melaksanakan Operasi Perisai Eufrat dan Operasi Afrin. Ini bukan tugas kecil. Berkat Allah, kami berhasil menghancurkan lingkaran teror ini yang berupaya untuk berdiri di perbatasan selatan kami,” ungkap Yildirim.

Operasi Perisai Eufrat berlangsung dari Agustus 2016 sampai Maret 2017 untuk menumpas ancaman teror di sepanjang perbatasan Turki. Yildirim menambahkan bahwa isu Manbij kembali muncul karena desakan Turki.

Turki dan Amerika telah membuat peta jalan untuk kerjasama di Manbij yang terletak di Suriah Utara, jelas Menteri Luar Negeri pada Jumat.

Amerika dan Turki telah menciptakan mekanisme untuk mengatasi isu berbeda dalam kelompok kerja, termasuk upaya stabilisasi Manbij dan untuk mencegah bentrok yang tidak diinginkan, menyusul kunjungan dari mantan Sekretaris Negara AS Rex Tillerson ke ibu kota Ankara pada Februari.

Manbij, kota yang dikuasai oleh YPG/PKK, telah menimbulkan gesekan pada hubungan AS-Turki, dengan Turki menolak AS untuk bekerja sama dengan teroris YPG/PKK, menuntut agar kelompok itu mundur.

Dukungan militer AS untuk kelompok teroris di Manbij telah menegangkan hubungan antara Ankara dengan Washington, dan telah menimbulkan ketakutan akan adanya bentrok militer antara dua sekutu NATO, sebab ada sekitar 2.000 pasukan AS di kota itu.

Pada Januari ini, Turki meluncurkan Operasi Ranting Zaitun di Afrin, Suriah Utara, untuk membasmi kelompok teroris di daerah itu. Setelah membebaskan kota Afrin, Ankara mengatakan bahwa operasinya akan diluaskan sampai ke timur Manbij, kecuali kelompok teroris YPG/PKK hengkang dari kota berlokasi strategis itu. (AA)

TAGS : Teroris Binali Yildirim Turki

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/35492/PM-Turki-bersumpah-Basmi-Teroris/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments