Take a fresh look at your lifestyle.

Penelitian Mahasiswa Masih Minim Apresiasi

0 3
Penelitian Mahasiswa Masih Minim Apresiasi

Ilustrasi penelitian ilmiah (Foto: Aftanalisis)

Malang – Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dr Sidik Sunaryo menilai hingga saat ini apresiasi pemerintah terhadap hasil penelitian yang dilakukan mahasiswa masih minim.

Padahal, menurutnya tidak sedikit dari sejumlah penelitian tersebut bisa diaplikasikan di masyarakat.

“Harusnya temuan atau hasil penelitian yang dilakukan mahasiswa ini juga diapresiasi pemerintah, bahkan dikompetisikan seperti bidang-bidang lainnya. Selama ini kan belum ada kompetisi hasil penelitian mahasiswa,” kata Sidik Sunaryo di Malang, Jawa Timur, Rabu (8/5).

Menurut dia, asil penelitian mahasiswa banyak yang bagus dan bisa diaplikasikan di lingkup masyarakat dalam banyak hal, seperti temuan peralatan yang mempermudah kerja petani maupun pelaku usaha, bahkan bisa untuk perusahaan skala besar.

Hasil penelitian mahasiswa, khususnya yang berkaitan dengan teknologi, kata Sidik, cukup banyak dan aplikable, namun masih belum mendapatkan tempat untuk dikompetisikan oleh pemerintah, seperti kompetisi robot atau Olimpiade Nasional MIPA yang digelar belum lama ini.

Ia mengakui selama ini hasil penelitian maupun temuan mahasiswa, termasuk dosen banyak yang diapresiasi oleh perusahaan atau dunia industri, artinya temuan-temuan tersebut banyak diaplikasikan dan digunakan oleh perusahaan atau industri tersebut.

“Harapan kami, pemerintah juga turut mengompetisikan hasil penelitian atau temuan mahasiswa tersebut, sehingga ekspektasi mereka bukan hanya medali, tetapi ada nilai lebih atau ada yang lain, seperti uang pembinaan seperti kompetisi-kompetisi lainnya yang digelar Kemenristekdikti,” ujarnya. (Ant)

TAGS : Pendidikan Penelitian Ilmiah

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/34027/Penelitian-Mahasiswa-Masih-Minim-Apresiasi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments