Take a fresh look at your lifestyle.

Pemerintah Malaysia Resmi Mohon Ampun

0 4
Pemerintah Malaysia Resmi Mohon Ampun

Menpora Imam Nahrawi saat bertemu dengan Menpora Malaysia Khairy Jamaludin

Kuala Lumpur – Pemerintah Malaysia melalui Menteri Luar Negeri Dato Sri Anifah Haji Aman dan Menteri Pemuda dan Olah Raga  Khairy Jamaluddin secara remsi telah meminta maaf kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia terkait kesalahan cetak gambar pada buku SEA Gamea 2017 yang dibagikan. Perrmintaan maaf itu diharapkan dapat menjaga dan terus membina hubungan baik kedua negara serumpun dan bertetangga tersebut.

“Atas nama pemerintah Malaysia, Kementerian Luar Negeri Malaysia menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan yang dibuat Malaysian Organizing Committee ( MASOC) terkait kesalahan mencetak gambar bendera Indonesia pada buklet souvenir acara pembukaan SEA Games ke 29,” kata Menlu Malaysia seperti dikutip dari pernyataan resminya.

Diketahui, kesalahan cetak bendera Merah Putih terbalik telah menuai protes dari berbagai kalangan masyarakat Indonesia hingga Presiden RI, juga viral di dunia maya. Pemerintah Malaysia menyampaikan permohonan maaf kepada  pemerintah dan masyarakat Indonesia agar situasi ini tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang ingin mengambil maksud dari situasi yang tidak menguntungkan bagi kedua negara tersebut.

Menpora Malaysia juga menyampaikan maaf secara lisan dan pihaknya telah meminta panitia agar buku SEA Games yang memuat bendera Merah Putih terbalik tidak diedarkan lagi. “Saya telah mengarahkan agar buku tersebut tidak diedarkan lagi dan meminta percetakan yang baru dibuat agar membetulkan kekhilafan,” ujar Khairy saat jumpa pers bersama Menpora RI, Imam Nahrawi di Kuala Lumpur, Minggu (20/8).

Menurut Khairy, pihaknya akan mengantarkan kembali buku-buku baru yang sudah dicetak kepada para tamu kehormatan seperti perwakilan pemerintah se-ASEAN sebagai buku pengganti. Dia mengharapkan agar permintaan maaf secara lisan dan tertulis bisa diterima warga negara Indonesia sehingga terus membina hubungan kedua negara.

“Dengan semangat setia kawan dan serumpun saya berharap agar permintaan maaf ini diterima pemerintah Indonesia. Hubungan ini saya rasa banyak yang lebih baik daripada kekurangannya. Melalui SEA Games ini kita dapat mengeratkan silaturahim dan melanggengkan persahabatan,” tuturnya.

Menteri Pemuda dan Olah Raga RI, Imam Nahrawi mengatakan momentum SEA Games menjadi pertemuan seluruh negara ASEAN untuk menguatkan persahabatan dan persatuan serta menjaga kehormatan negara-negara peserta. Karena itu, pihaknya memaklumi dan segera melaporkan kepada Presiden Joko Widodo agar proses lebih lanjut segera dilaksanakan dan berharap peristiwa tersebut tidak terulang kembali karena bendera adalah simbol setiap negara.

“Kami memaklumi, Menlu RI juga sudah menghubungi Menlu Malaysia. Peristiwa ini jangan membuat atlet Indonesia dan negara peserta kendor tetapi dijadikan sebagai pelajaran penting agar di masa mendatang tidak terulang kembali,” kata dia.

TAGS : SEA Games 2017 bendera terbalik

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/20442/Pemerintah-Malaysia-Resmi-Mohon-Ampun/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments