Take a fresh look at your lifestyle.

PDIP: Aktor Korupsi e-KTP dari Lingkaran Kekuasaan

0 4
PDIP: Aktor Korupsi e-KTP dari Lingkaran Kekuasaan

Ketua DPP PDIP, Trimedya Panjaitan

Jakarta – PDI Perjuangan (PDIP) menuding aktor intelektual kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP berasal dari lingkaran pertama kekuasaan saat itu, yakni pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ketua DPP PDI Perjuangan Bid Hukum dan HAM Trimedya Panjaitan mengatakan, sejak awal kebijakan proyek pengadaan e-KTP sudah mengandung korupsi. Ia mengingatkan, bagaimana upaya membelokkan kasus tersebut dengan drama menabrak tiang listrik.

“Jadi sejak awal kami yakin bahwa designer dan aktor intelektual atas korupsi e-KTP tersebut berasal dari lingkaran pertama kekuasaan. Jadi dari kebijakan awal sudah corrupted,” kata Trimedya, melalui rilisnya, Jakarta, Jumat (23/3).

PDIP, kata Trimedya, sejak awal melihat bahwa proyek e-KTP dibuat dengan motif kekuasaan untuk memenangkan Pemilu 2014.

“Hal tersebut juga pernah disinggung oleh Nazaruddin. Tanpa disangka muncullah Pak Jokowi yang mendapatkan dukungan kuat dari rakyat,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Komisi III DPR itu mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut tuntas kasus korupsi yang merugikan keuangan negara sebesar Rp 2,3 triliun itu.

“PDI Perjuangan mendukung pengungkapan tuntas kasus e-KTP yang difokuskan dari inisiator program e-KTP tersebut, yakni GM dan SS menurut BAP Nazaruddin,” demikian Trimedya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Novanto dalam sidang pemeriksaan terdakwa menyebut beberapa nama yang diduga terseret dalam pusaran aliran uang proyek e-KTP. Di antaranya, Puan Maharani dan Pramono Anung.

Saat proyek e-KTP bergulir, Puan diketahui menjabat sebagai Ketua Fraksi PDIP, sementara Pranomo duduk sebagai Wakil Ketua DPR RI. Keduanya disebut Novanto telah menerima uang masing-masing USD 500 ribu.‎

Novanto juga mengungkap adanya aliran dana yang mengucur ke pimpinan Badan Anggaran DPR dan pimpinan Komisi II DPR RI ketika proyek tersebut bergulir. Uang tersebut ada yang diberikan oleh Andi Narogong dan Irvanto.

TAGS : Kasus e-KTP Setya Novanto Puan Maharani

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/31072/PDIP-Aktor-Korupsi-e-KTP-dari-Lingkaran-Kekuasaan/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments