Take a fresh look at your lifestyle.

PBNU dan Sejumlah Aktivis Desak Pembebasan Nur Aziz

0 8
PBNU dan Sejumlah Aktivis Desak Pembebasan Nur Aziz

Pertemuan di PBNU bersama Gus Yahya dan sejumlah aktivis

Jakarta – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan sejumlah aktivis mendesak pembebasan Kiai Nur Azis. warga Desa Surokonto, Kendal, Jawa Tengah yang saat ini terpidana kasus tanah. Selain Kiai Nur Azis, nama lainnya adalah Sutrisno Rusmin. Keduanya tersangkut hukum terkait tukar guling lahan antara PT Semen Indonesia dengan Perhutani.

Katib `Aam PBNU KH Yahya Staquf menilai putusan hukum yang dikenakan kepada kedua warga Kendal itu tidak adil. Gus Yahya, demikian sapaannya, mendesak agar Nur Azis segera dibebaskan.

“Karena dari semua sudut tinjauan, Pak Azis tidak pantas dengan hukuman seperti itu,” tegas Gus Yahya dalam pertemuan di Gedung PBNU, Selasa (14/11) kemarin.

Sejumlah aktivis yang hadir di dalam pertemuan itu, di antaranya Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara, Pokja Reforma Agraria KSP Tri Chandra Aprianto, Ketua YLBHI Bidang Advokasi Muhamad Isnur, Ketua YLBHI Bidang Manajemen Pengetahuan Siti Rahma Mary, anggota DPRD Jawa Tengah dari Fraksi PKB Benny Karnadi, tokoh Sedulur Sikep Gunretno, pengurus Lakpesdam NU Kabupaten Batang Saiful Huda Shodiq.

Bahkan, lanjut Gus Yahya kalau pun secara formal tindakan yang dilakukan Nur Azis dan Sutrisno ialah sebuah kesalahan, mereka tidak pantas mendapatkan hukuman delapan tahun penjara dan denda miliaran rupiah. Hukum semacam itu menurut Gus Yahya sebagai bentuk penindasan kepada rakyat dan petani kecil.

“Saya curiga ada yang ingin menakut-nakuti petani kecil supaya tidak berani memperjuangkan hak-haknya,” katanya.

Gus Yahya mengungkapkan dia telah bertemu dengan kedua warga itu, di penjara Kendal pada 5 Oktober silam. Selanjutnya dia berjanji akan menyampaikan masalah tersebut ke PBNU.

TAGS : PBNU PT Semen Indonesia Kendal Nur Azis

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/24778/PBNU-dan-Sejumlah-Aktivis-Desak-Pembebasan-Nur-Aziz/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments