Take a fresh look at your lifestyle.

PBNU Apresiasi Terbitnya Perpres 87/2017

0
PBNU Apresiasi Terbitnya Perpres 87/2017

Pengurus PBNU bersama Presiden

Jakarta – Pengurus Besar Nashdhatul Ulama (PBNU) mendukung dan mengapresiasi terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) nomor 87/2017 yang dikeluarkan pemerintah tanggal 6 September tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Organisasi kemasyarakatan terbesar di Indonesia tersebut menilai baik visi dari penerbitan Perpres tersebut.

“Sebagaimana tercantum dalam lembaran negara nomor 195/2017 tanggal 6 September 2017, sebagai bagian dari upaya negara menjaga Pancasila dan NKRI,” ujar Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Sirodj di Jakarta, Rabu (6/9/2017).

Said mengatakan terbitnya Perpres PPK dimaksudkan untuk melahirkan putra-putra didik, generasi bangsa yang memiliki nilai-nilai luhur bangsa, berakhlakul karimah, cinta tanah air, senantiasa mengedepankan tolong menolong antar sesama dan menghormati antar satu dengan yang lain dalam bingkai kebhinekaan.

Said menilai Perpres 87/2017 memiliki semangat yang sama dengan Nahdhatu Ulama (NU) mengenai pembangunan pendidikan karakter bangsa. Menurutnya, aturan tersebut akomodatif bagi pendidikan model pesantren.

“Di lingkungan NU model penguatan pendidikan karakter sudah berjalan lama bahkan sejak NKRI belum berdiri, yakni melalui pesantren dan sampai kini juga melalui model pendidikan madrasah diniyah (madin) dengan tiga tingkat pendidikan diniyah ula/awaliyah (dasar), wustha (menengah) dan ulya (atas),” ungkapnya.

Said menjelaskan model pendidikan madin dilakukan sepenuhnya melalui swadaya masyarakat. Ia memastikan NU mengapresiasi terbitnya Perpres PPK.

Dengan demikian, kata dia, negara juga akan turut bertanggungjawab untuk penguatan madin baik melalui alokasi anggaran (APBN dan APBD) maupun berbagai regulasi untuk penguatannya.

“NU berharap agar pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat melaksankan dan menjalankan Perpres tentang PPK ini secara konsisten dan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku,” jelasnya.

Said menghimbau agar seluruh jajaran dan tingkatan kepengurusan organisasi serta segenap warga NU untuk aktif mengawal Perpres 87/2017.

“Saya serukan untuk bersama-sama mengawal pelaksanaan Perpres tentang PPK ini sebagai bagian dari keikutsertaan kita di dalam membentuk nation buidling menuju masyakat adil makmur sejahtera lahir batin,” paparnya.

TAGS : PBNU Said Aqil Sirodj Perpres 87/2017

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/21343/PBNU-Apresiasi-Terbitnya-Perpres-87-2017/

Leave A Reply

Your email address will not be published.