Take a fresh look at your lifestyle.

PBB: April 2018 Bulan Paling Mematikan bagi Warga Yaman

0 5
PBB: April 2018 Bulan Paling Mematikan bagi Warga Yaman

Logo PBB (Foto: Beapeacekeeper)

Jenewa – April, menurut PBB, adalah bulan paling mematikan. Tahun ini, jumlah korban sipil di Yaman melejit, yakni dengan lebih dari 230 kematian.

“Bulan April adalah bulan paling mematikan bagi warga sipil di Yaman sejauh ini pada tahun ini, dengan peningkatan tajam dalam jumlah korban,” juru bicara Komisioner Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Ravina Shamdasani.

“Setidaknya 236 warga sipil tewas dan 238 terluka di Yaman pada April – dengan total 474 korban sipil yang berarti lebih dari dua kali lipat. 180 korban sipil tercatat pada bulan Maret tahun ini,” sambungnya

Berbicara pada konferensi pers di Jenewa, Shamdasani mengatakan enam warga sipil tewas dan 57 orang terluka pada minggu pertama bulan Mei dan memperingatkan bahwa korban tewas di negara itu berlanjut pada bulan Mei juga.

“Kami sangat prihatin tentang peningkatan tajam korban sipil, sekali lagi, pada semua pihak dalam konflik ini sudah seharusnya menghormati hukum humaniter internasional,” katanya.

Menurut PBB, total setidaknya 6.385 warga sipil telah tewas dan 10.047 terluka sejak dimulainya konflik Yaman pada Maret 2015.

“Sebagian besar dari 10,185 korban sipil adalah sebagai akibat dari serangan udara yang dilakukan oleh Koalisi pimpinan Saudi,” katanya.

Yaman telah dilanda oleh kekerasan dan kekacauan sejak tahun 2014, ketika pemberontak Syiah Houthi menguasai sebagian besar negara, termasuk ibu kota Sanaa.

Konflik meningkat pada tahun 2015 ketika Arab Saudi dan sekutu Sunni-Arab – yang menuduh Houthi berperan sebagai proxy Iran – meluncurkan kampanye udara besar-besaran di Yaman yang bertujuan untuk mengembalikan keuntungan Houthi. (aa)

 

TAGS : Yaman PBB Arab Saudi Houthi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/34220/PBB-April-2018-Bulan-Paling-Mematikan-bagi-Warga-Yaman/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments