Take a fresh look at your lifestyle.

PBB: Ada Upaya Pembersihan Etnis Rohingya di Myanmar

0 4
PBB: Ada Upaya Pembersihan Etnis Rohingya di Myanmar

Pengunsi Rohingya meninggalkan kampung halamannya ke Bangladesh (Foto: Al jazeera)

Dhaka – Kepala hak asasi manusia (HAM) PBB menilai ada upaya pembersihan etnis Rohingya di Myanmar. Perkiraan itu lantaran jumlah pengunsi yang memasuki Bangladesh kini mencapai 300.000 orang.

Zeid Ra`ad Al-Hussein menuding pasaukan Myanmar melakukan serangan sistematis terhadap Rohingya. Alasan itulah, ia memperingatkan adanya upaya pembersihan etnis sedang berlangsung.

“Karena Myanmar block akses terhadap penyelidik hak asasi manusia, situasi saat ini belum dapat dinilai sepenuhnya, namun situasinya tampaknya mengarah pada pembersihan etnis,“ katanya kepada Dewan Hak Asasi Manusia PBB.

Badan pengungsi PBB, UNCHR mengatakan setidaknya 313.000 Rohingya kini tiba di Bangladesh dari negara bagian Rakhine Myanmar sejak 25 Agustus, sekitar sepertiga dari total populasi 1,1 juta.

Angka sebenarnya bisa lebih tinggi lagI. PBB memprediksi masih banyak pendatang baru yang masih dalam perjalanan yang belum masuk dalam hitungan.

Al-Hussein mengaku terkejut dengan laporan, pasukan keamanan Myanmar sedang meletakkan ranjau di dekat perbatasan untuk menghentikan kembalinya Rohingya.

“Saya meminta pemerintah  Myanmar untuk mengakhiri operasi militernya yang kejam, dan pertanggungjawaban atas semua pelanggaran yang terjadi, serta meredakan sikap diskriminasi terhadap populasi Rohingya,“ kata Al-Hussein. 

Sejumlah besar pengungsi Rohingya berlindung di kedua sisi jalan Cox Bazar-Teknaf di Bangladesh, dievakuasi ke area Ukhia Thana seluas 2.000 hektar yang baru dialokasikan oleh manajemen distrik setempat. Otoritas Bangladesh kamp darurat untuk memenuhi masuknya pengungsi baru selama beberapa hari terakhir.

Pemerintah Bangladesh  menerapkan sistem pendaftaran biometrik untuk para pengungsi. Dua stand dipasang di kamp Kutupalang dan Balukhali dalam hal ini sementara 15 lainnya akan segera beroperasi.

Setiap stan akan mendaftarkan 700 pengungsi dalam sehari. Otoritas pengadaan paspor pemerintah Bangladesh sedang melakukan proses registrasi berkoordinasi dengan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) dan UNHCR.

 

TAGS : Rohingya Myanmar Bangladesh PBB IOM UNCHR

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/21623/PBB-Ada-Upaya-Pembersihan-Etnis-Rohingya-di-Myanmar/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments