Take a fresh look at your lifestyle.

Parigi Moutong Digoyang Gempa 5,4SR

0 5
Parigi Moutong Digoyang Gempa 5,4SR

Ilustrasi catatan getaran gempa

 

Parigi Moutong – Gempa tektonik berkekuatan 5,4 pada Skala Richter mengguncang wilayah Kabupaten Parigi Moutong dan sekitarnya, Sulawesi Tengah, Minggu (23/7). Akibat gempa itu, beberapa wilayah berpotensi mengalami guncangan antara lain di Tolitoli, Parigi, Palu dan Poso.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) M Riyadi menyatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi itu berpusat pada koordinat 0,27 Lintang Utara dan 120,17 Bujur Timur, atau tepatnya di darat pada jarak dua kilometer arah utara Kota Marisa, Kabupaten Parigi Moutong,Sulawesi Tengah pada kedalaman 68 kilometer pada Minggu (23/7) pukul 14.55 WIB.

“Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi laut Sulawesi dengan mekanisme `oblique thrust` yaitu penyesaran kombinasi mendatar-naik,” tuturnya.

Hingga pukul 15.31 WIB, hasil pemantauan BMKG menunjukkan belum adanya aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Parigi Moutong dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ant

TAGS : gempa bumi parigi moutong

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/19193/Parigi-Moutong-Digoyang-Gempa-54SR/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments