Take a fresh look at your lifestyle.

Novanto Ditahan, Dukungan Golkar ke Jokowi Terancam

0 5
Novanto Ditahan, Dukungan Golkar ke Jokowi Terancam

Ilustrasi Partai Golkar

Jakarta – Dukungan Partai Golkar terhadap Presiden Jokowi di Pilpres 2019 belum aman. Hal itu setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menjebloskan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto ke balik jeruji besi, Senin (20/11) dini hari.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Reseach and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, pasca penahanan Novanto sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP, maka perebutan pucuk pimpinan di Partai Golkar akan terulang kembali.

“Maka ada kemungkinaan terulang kembali perebutan dua poros antara pengurus orangnya ARB (Aburizal Bakri) dengan kubu Agung Laksono,” kata Pangi, ketika dihubungi, Jakarta, Senin (20/11).

Kata Pangi, perebutan pengaruh tokoh sentral dan elite penentu seperti kubu ARB dan Agung Laksono tidak bisa dinafikan untuk menjadi ketua umum partai Golkar menggantikan Novanto.

“Seandainya yang terpilih ketua umum baru partai Golkar dari trah kubu ARB, maka kemungkinan dukungan Golkar terhadap pemerintah akan  kembali dievaluasi mengusung Jokowi,” terangnya.

“Itu artinya, dukungan Golkar terhadap Jokowi bisa bergeser dan dipastikan belum aman. Namun kalau poros Agung Laksono yang menang, Golkar dipastikan konsisten mendukung Jokowi dalam pilpres 2019,” tegasnya.

Oleh karena itu, lanjut Pangi, apabila Setnov ditahan KPK, konstelasi politik bisa berubah secara ekstrem, turbulensi di internal Golkar tak bisa dihindarkan.

“Masih kental aroma faksi di internal Golkar sampai saat ini. Menang dan terpilihnya Setnov dulu menjadi ketua umum, salah satunya faktor lain adalah Setnov dianggap lebih netral dan relatif cair, bisa masuk ke kubu ARB dan bisa dekat juga dengan kubu Agung Laksono,” demikian Pangi.

Diketahui, Novanto dijebloskan ke penjara usai menjalani pemeriksaan dalam kapasitasnya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek e-KTP, di Gedung KPK, Senin (20/11) dini hari.

Mengenakan kemeja putih yang dibalut rompi tahanan KPK, Novanto tampak keluar dari gedung lembaga antikorupsi sekitar pukul 01.20 WIB. Novanto dikawal ketat sejumlah petugas KPK saat digelandang ke mobil tahanan.

TAGS : Setya Novanto Tersangka Korupsi e-KTP KPK Golkar

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/25049/Novanto-Ditahan-Dukungan-Golkar-ke-Jokowi-Terancam/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments