Take a fresh look at your lifestyle.

Nikki Haley: Palestina Tak Butuh Perlindungan Internasional

0 7
Nikki Haley: Palestina Tak Butuh Perlindungan Internasional

Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley (Foto: Financial Tribune)

Jakarta – Amerika Serikat mencari segala cara untuk menggagalkan voting yang bisa berlaku sebagai landasan untuk penerapan perlindungan internasional bagi warga Palestina.

Salah satunya dengan menyebut bahwa Palestina tidak butuh perlindungan dari luar. “Masyarakat Gaza tidak butuh perlindungan dari luar. Masyarakat Gaza butuh perlindungan dari Hamas,” ujar Nikki Haley, utusan khusus AS untuk PBB saat sidang khusus Dewan Keamanan.



“Warga Palestina berhak mendapatkan kehidupan lebih baik. Hal ini hanya bisa terjadi bila kita mengakui dan menolak aksi teroris Hamas dan mendorong tanggung jawab lebih banyak dari kepemimpinan Palestina.”

Deklarasi ini menyusul peringatan dari Nickolay Mladenov, utusan PBB untuk perdamaian Timur Tengah, kepada dewan bahwa Gaza “berada di ujung peperangan” setelah ketegangan meningkat pada Selasa karena serangan udara yang dilakukan Israel ke beberapa titik di Jalur Gaza, sebagai respons dari tembakan roket yang berasal dari wilayah pendudukan itu.

Roket-roket itu diluncurkan sehari setelah empat warga Palestina tewas di Gaza karena terkena serangan udara Israel.

Sejak 30 maret, setidaknya 118 warga Palestina tewas dan ribuan lainnya terluka karena tembakan militer Israel di sebelah timur Jalur Gaza, ketika para demonstran melakukan protes menolak pendudukan dan langkan AS memindahkan kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem.

“Tak seorang pun di Gaza yang bisa bertahan dari perang lagi,” kata Mladenov.

Kuwait kemudian menyerahkan draft resolusi yang akan menerapkan perlindungan internasional untuk masyarakat sipil Palestina dari pasukan Israel.

Voting seharusnya bisa terjadi pada Kamis, namun AS, yang memandang resolusi ini bias terhadap Israel, diprediksi akan mem-veto resolusi ini.

Mansour Al-Otaibi, utusan khusus Kuwait untuk PBB berkata, sangat tidak bisa diterima bila dewan diam saja melihat okupasi Israel terhadap Palestina dan blokade mereka di Jalur Gaza.

Dalam sesi sidang khusus Dewan Keamanan pada Rabu, yang dimulai atas permintaan AS, Kuwait menghalangi dikeluarkannya pernyataan PBB yang dirancang AS untuk mengecam penembakan roket dari Gaza ke Israel.

TAGS : Amerika Serikat Palestina Hamas

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/35428/Nikki-Haley-Palestina-Tak-Butuh-Perlindungan-Internasional/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments