Take a fresh look at your lifestyle.

Nepal Gelar Pemilihan Pertama di Bawah Konstitusi

0 7
Nepal Gelar Pemilihan Pertama di Bawah Konstitusi

Nepal akan melangsungkan pemilihan untuk keterwakilan di daerah dan pusat. Ini menjadi pemilihan yang bersejarah karena digelar di bawah konstitusi

Jakarta – Hari ini (26/11) jutaan warga Nepal melakukan pemilihan umum yang dianggap bersejarah,  karena dianggap  titik balik bagi negara Himalaya tersebut. Juga menjadi harapan mengakhiri krisis setelah  berakhirnya perang saudara berdarah satu dekade lalu.

Pemilihan akan berlangsung dua tahap, yakni memilih  parlemen nasional dan provinsi. Dan dalam catatan negara itu, momen ini yang kali pertama pemilu di bawah konstitusi yang lahir dari kesepakatan damai dan menetapkan Nepal sebagai negara demokratis federal.

“Kami tidak pernah melihat pemerintah dalam lima tahun terakhir ini. Jika memang ada (pemerintah), kemudian ada ada kebijakan yang stabil dan akan lebih mudah untuk bekerja,” kata Amir Dhoj Thapa, salah satu pemilih  dari kota timur Kathmandu Chautara.

Katanya lagi, “kami punya harapan besar untuk pemilihan ini.”

Dengan konstitusi baru tersebut, posisi kursi di majelis federal dan provinsi dialokasikan untuk perempuan dan orang dari masyarakat adat dan kasta terendah Dalit. (Afp/cnn)

TAGS : Nepal Pemilihan Umum Demokrasi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/25344/Nepal-Gelar-Pemilihan-Pertama-di-Bawah-Konstitusi/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments