Take a fresh look at your lifestyle.

Negara Eropa Kompak Usir Puluhan diplomat Rusia

0 3
Negara Eropa Kompak Usir Puluhan diplomat Rusia

Uni Eropa

London – Sebanyak 14 negara anggota Uni Eropa (UE) mengusir puluhan diplomat Rusia pada Senin (26/3) waktu setempat. Tindakan itu sebagai bagian dari respons yang terkoordinasi atas serangan terhadap mantan agen rahasia Rusia di Inggris.

Agen yang dimaksud adalah, Sergei Skripal dan putrinya Yulia. Sejauh ini sedikitnya 45 diplomat Rusia telah diusir dari seluruh Eropa.

“Sebagai tindak lanjut langsung terhadap keputusan Dewan Eropa pekan lalu untuk bereaksi terhadap Rusia dalam kerangka bersama, hari ini 14 negara anggota telah memutuskan untuk mengusir diplomat Rusia,” kata Presiden Dewan Eropa Donald Tusk, yang berada di Varna Bulgaria untuk KTT Uni Eropa-Turki.

“Dewan Eropa setuju dengan penilaian pemerintah Inggris bahwa sangat mungkin Federasi Rusia bertanggung jawab dan tidak ada penjelasan alternatif yang dapat diterima. Kami memutuskan untuk memanggil Duta Besar UE untuk Rusia untuk konsultasi,” sambugnya

Jerman adalah salah satu negara pertama yang membuat pengumuman itu setelah Menteri Luar Negeri Heiko Maas menyatakan Berlin telah mengusir empat diplomat Rusia.

Kementerian Luar Negeri Perancis dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa mereka telah memberitahu otoritas Rusia tentang keputusan untuk mengusir empat personel Rusia yang memiliki status diplomatik dari wilayah Perancis, dalam waktu satu pekan.

Polandia mengatakan mereka juga mengusir empat orang Rusia terkait serangan racun terhadap mantan mata-mata. (aa)

TAGS : Eropa Rusia

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/31255/Negara-Eropa-Kompak-Usir-Puluhan-diplomat-Rusia/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments