Take a fresh look at your lifestyle.

NATO Berencana Kirim 3.000 Tentara ke Afganistan

0 8
NATO Berencana Kirim 3.000 Tentara ke Afganistan

Sekretris Jenderal NATO Jens Stoltenberg (Foto: UPI.com)

Jakarta – Sekretaris Jenderal North Atlantic Treaty Organization, Jens Stoltenberg mengatakan, NATO berencana mengirim 3.000 tentara tambahan ke Afghanistan untuk mendukung tentara Afghanistan dalam perang melawan Taliban

Menurut Stoltenberg saat melakukan konferensi pers di Brussels, Selasa (7/11) bahwa NATO akan meningkatkan jumlah tentara di Afghanistan dari 13.000 menjadi 16.000 orang untuk melatih Pasukan Operasi Khusus Afghanistan.

“Kami telah memutuskan untuk meningkatkan jumlah pasukan untuk membantu orang-orang Afghanistan memecahkan kebuntuan, untuk mengirim sebuah pesan kepada Taliban bahwa mereka tidak akan menang di medan perang,” ujar Stoltenberg dilansir UPI.

Pasukan yang akan dikirim tersebut tidak akan melakukan operasi tempur, namun akan fokus pada pelatihan, membantu dan memberi nasihat kepada pasukan Afghanistan.

“Kami akan membantu mereka mengembangkan angkatan udara mereka,” kata Stoltenberg. “Orang Afghanistan sekarang lebih mampu melakukan operasi udara sendiri, dan kami akan membantu mereka dengan sekolah militer, memperbaiki komando dan kontrol.”

Stoltenberg menambahkan sekitar setengah pasukan baru akan datang dari Amerika Serikat (AS), sementara sisanya akan dipasok oleh 28 negara anggota NATO lainnya.

“Berdasarkan apa yang telah kita lihat sejauh ini, indikasinya kira-kira setengah dari AS, setengah non-AS dari pasukan tambahan, yang juga sebenarnya berlaku untuk 13.000 tentara yang kita miliki di sana hari ini,” ujarnya.

Menteri Pertahanan Jim Mattis mengatakan pada September lalu, dia berencana untuk menandatangani sebuah perintah untuk mengirim sekitar 3.000 tentara AS ke Afghanistan untuk melaksanakan misi dua kali lipat yakni operasi yang dipimpin NATO untuk melatih dan membantu pasukan Afghanistan.

Hal serupa juga pernah disampaikan Presiden Donald Trump bahwa Amerika Serikat harus bergabung kembali dalam perang di Afghanistan.

TAGS : NATO Afganistan Amerika

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/24446/NATO–Berencana-Kirim-3000-Tentara-ke-Afganistan/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments