Take a fresh look at your lifestyle.

Meski Sudah Bukan Presiden, Robert Mugabe Tetap Dapat Gaji

0 5
Meski Sudah Bukan Presiden, Robert Mugabe Tetap Dapat Gaji

Robert Mugabe

Jakarta – Meski tak lagi menjadi Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe akan tetap mendapatkan gaji hingga akhir hayatnya. Hal itu merupakan salah satu kesepakatan Mugabe dengan pemerintah Zimbabwe sebelum mengundurkan diri. Ia akan memperoleh gaji sebesar 150 ribu dollar (Rp1,9 miliar).

Dilansir Metro, pria 93 tahun itu juga akan mendapatkan 10 juta dollar (Rp133 miliar) sebagai hadiah atas dedikasinya selama ini untuk Zimbabwe. Rencananya sistem pembayaran hadiah tersebut akan dibayarkan pertama sejumlah 5 juta dollar, kemudian sisanya akan diangsur.

Sementara sang istri, Grace juga akan menerima setengah dari jumlah yang diperoleh sang suami selama hidupnya.

Dalam kesepakatan pengunduran diri, negara juga setuju untuk membiarkan pasangan tersebut tinggal di rumah mereka yang luas dan membayar perawatan medis, staf rumah tangga, keamanan dan perjalanan luar negeri mereka.

Namun, partai oposisi telah mengkritik kesepakatan pengunduran diri tersebut. Douglas Mwonzora, sekretaris jenderal Gerakan untuk Perubahan Demokratik, mengatakan bahwa perjanjian itu tidak konstitusional.

“Kami tidak mengetahui kesepakatan dengan Mugabe, dan jika ada kesepakatan mengenai uang atau hal lain itu tidak konstitusional,” ujar Mwonzora.

“Dalam hal konstitusi Mugabe adalah presiden pensiunan dan tidak memiliki kekebalan terhadap kesalahan kriminal atau perdata yang dilakukan saat menjabat. Di Zanu-PF, mereka bisa saling memberi kekebalan, namun undang-undang tersebut tidak mengizinkannya,” tambahnya.

Robert Mugabe dan Margaret Thatcher telah memimpin Zimbabwe sejak tahun 1980. Namun selama 38 tahun menjabat, ia meninggalkan Zimbabwe dengan ekonomi yang hancur, hutang besar-besaran, pengangguran massal dan tingkat kehidupan yang merupakan salah satu dari terendah di dunia.

TAGS : Robert Mugabe Zimbabwe Politik Internasional

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/25473/Meski-Sudah-Bukan-Presiden-Robert-Mugabe-Tetap-Dapat-Gaji/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments