Take a fresh look at your lifestyle.

Menristekdikti: Ruang Kelas Bakal Jadi Museum

0 7
Menristekdikti: Ruang Kelas Bakal Jadi Museum

Menristekdikti Mohamad Nasir

Jakarta – Perkuliahan menggunakan ruang kelas ke depannya bisa saja menjadi cara kuno. Sebab, pemerintah telah mengimbau kepada perguruan tinggi agar mengembangkan konsep perkuliahan e-learning berbasis teknologi informasi.

Imbauan ini disampaikan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir. Menurutnya, cepatnya laju perkembangan zaman dan teknologi menuntut perguruan tinggi juga cepat beradaptasi, dengan tetap menjaga mutu pendidikannya.

“Kuliah ke depannya sudah harus berubah memakai konsep e-learning. Kalau sudah e-learning, kelas akan jadi museum. Pemakaian kelas akan berkurang karena konsep belajarnya bisa di mana saja, bisa di rumah,” jelas Menteri Nasir saat memberikan kuliah umum di Universitas Riau (Unri), Selasa (14/11).

Menristekdikti mengatakan, dengan menggunakan e-learning, perguruan tinggi di masa depan tidak lagi mengandalkan gedung-gedung sebagai pusat kegiatan perkuliahan.

Di sisi lain Menteri Nasir menekankan wacana ini memang perlu dikaji lebih lanjut, dan pemerintah juga harus menyiapkan infrastrukturnya.

“Nanti bisa saja diarahkan kepada classroomless, borderless, dan paperless yang sudah berbasis teknologi informasi,” paparnya.

TAGS : Pendidikan Kemristekdikti Mohamad Nasir

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/24831/Menristekdikti-Ruang-Kelas-Bakal-Jadi-Museum/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments