Take a fresh look at your lifestyle.

Mengenal Chain Block & 6 Tips Menggunakan Chain Block

0 0

Wartawan.id – Dalam berbagai industri, tentu ada banyak barang berat yang perlu diangkat. Untuk itu, Anda pasti membutuhkan sebuah alat angka khusus untuk beban berat. Salah satu alat angkat khusus beban berat tersebut ialah Chain Block. Chain Block merupakan mekanisme yang digunakan untuk mengangkat dan menurunkan beban berat menggunakan rantai. Chain Block berisi dua roda yang dililit rantai. Ketika rantai ditarik, ia berputar di sekitar roda dan mulai mengangkat barang yang melekat pada tali atau rantai melalui kail. Chain Block juga dapat dipasang pada lifting sling atau chain bags untuk mengangkat beban lebih ringan.
 

Mengenal Chain Block

Chain Block - Wartawan.id
 

Fungsi Chain Block

Fungsi chain block yang utama adalah mengangkat dan memindahkan beban dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah. Karena kemampuan mengangkatnya, Chain Block pada umumnya digunakan di garasi tempat mereka dapat melepas mesin dari mobil dengan mudah. Karena dapat dioperasikan oleh satu orang, Chain Block adalah cara yang sangat efisien untuk menyelesaikan pekerjaan yang mungkin membutuhkan lebih dari dua pekerja untuk melakukannya. Chain Block juga banyak digunakan di lokasi konstruksi di mana mereka dapat mengangkat beban dari tingkat yang lebih tinggi, di pabrik perakitan untuk mengangkat barang ke dan dari sabuk dan kadang-kadang bahkan untuk mesin derek mobil dari medan berbahaya.
 

Komponen Chain Block

Industrial Helper - Wartawan.id

Chain Block terbuat dari baja tahan lama dan bermutu tinggi untuk memastikan keamanan dan keandalan saat mengangkat beberapa ton beban. Chain Block dapat dipisahkan menjadi tiga kategori bagian yang berbeda: lifting chain dan hand chain, lifting mechanism, serta kait. Berikut penjelasannya :
 

1. Chain Block Memiliki Dua Loop Rantai—Hand Chain dan Lifting Chain

Hand chain yang terletak pada roda di lifting mechanism perlu ditarik dengan tangan untuk mengangkat beban. Roda di dalam lifting mechanism memiliki kantong khusus yang memungkinkan hand chain untuk menggerakkan roda. Lifting chain juga memutar lifting mechanism dan mengangkat atau menurunkan beban. Di ujung rantai, ada kait, tempat Anda dapat memasang lifting chain atau sling, penyamaratakan beban atau pemuatan itu sendiri.
 

2. Kait di Bagian Atas Chain Block

Kait ini digunakan untuk menempelkan Chain Block ke langit-langit, sistem troli, atau konstruksi lain yang dapat menahan beban yang akan diangkat oleh Chain Block. Kebanyakan Chain Block memiliki kait yang berputar, yang berarti bahwa kait dapat diputar 360 derajat agar lebih mudah dipasang.
 

3. Lifting Mechanism

Lifting mechanism terdiri dari roda gigi, gandar, poros penggerak, roda gigi, dan sprocket. Ada rem rantai di semua Chain Block yang mencegah beban agar tidak turun saat kelebihan beban atau tanpa pengawasan.
 

Cara Menggunakan Chain Block dengan Benar

Chain Block 2 - Wartawan.id

Sama seperti halnya dengan alat bantu yang lainnya, chain block yang di pakai dengan cara yang salah lambat laun tentu akan mengalami kerusakan. Maka dari itu Anda perlu mengetahui bagaimana cara menggunakan chain block menurut rekomendasi para ahli.

Agar chain block tidak mudah rusak dan Anda juga terhindar dari kecelakaan kerja maka perlu menghindari beberapa hal di bawah ini, antara lain :

  • Pertama Anda harus menjauhkan chain block dari bahan kimia berbahaya khususnya dari zat asam.
  • Jangan pernah Anda memkai chain block untuk mengangkat manusia dan beberapa barang yang melebihi kapasitas.
  • Jangan pernah Anda memasukkan kait hook pada link rantai.
  • Usahakan Anda menghindari palu sling ketika memasang ataupun maintenance.
  • Jangan pernah Anda meninggalkan beban benda apapun pada hook ketika tidak Anda operasikan.
  • Usahakan untuk membuat chain block tidak kontak langsung dengan air, cipratan air, asam dan uap.
  • Saat Anda melakukan pelumuran oli, maka jangan sampai mengenai system pengereman yang ada pada alat ini
  • Jangan pernah mengganti panjang rantai tanpa persetujuan supplier.
  • Usahakan untuk Anda tidak melakukan pelemparan, menggeser dan menjatuhkan chain block.
  • Jangan membiarkan sling menggantung pada hook ketika tidak dipakai
  • Anda tidak boleh mengoperasikan alat ini tanpa training terlebih dahulu.
  • Jangan pernah memakai block, sling dan aksesoris lain yang rusak, serta hindari juga menggunakan rantai block sebagai sling.
  • Setelah Anda mengetahui beberapa hal yang harus di jauhi sebelum menggunakan chain blok, selanjutnya Anda harus mengetahui cara menggunakan alat ini.

Jika Anda ingin mengetahui lebih detail lagi mengenai chain block, Anda bisa mengunjungi distibutor jual chain block, karena mereka menyediakan produk Chain Block dengan berbagai macam spesifikasi.
 

Tips Menggunakan Chain Block

  1. Sebelum Anda menggunakan chain block, periksalah terlebih dahulu apakah block tersebut sudah terpasang dengan benar, dan pastikan juga rantai tidak memutar.
  2. Setelah itu Anda lakukan pemeriksaan apakah barang ketika diangkat dapat bergerak bebas atau tidak.
  3. Kemudian perlu di ingat ketika Anda akan meningkatkan beban, lakukan pemberhentian pekerjaan untuk memeriksa integritas block, slinging method dan yang lainnya.
  4. Yang tidak kalah penting Anda juga harus melakukan periksa jalur pengangkatan dan pemindahan barang sebelum chain block diaplikasikan. Tujuan dari hal tersebut adalah supaya tidak terjadi tabrakan barang dijalurnya saat pengangkatan atau pemindahan.
  5. Agar Anda selalu dalam kondisi aman maka jauhkan jari kaki, dan lain-lain dari alas sebelum menurunkan barang.
  6. Supaya chain block bisa beroperasi dengan baik, tentu Anda juga perlu lakukan berbagai perawatan untuk membuat chain block tersebut bisa beroperasi sesuai dengan semestinya.

Apabila Anda memerlukan chain block dengan berbagai ukuran serta dengan harga yang terjangkau, maka Anda bisa langsung menhubungi Distributor Chain Block . PT Sumber Mega Jaya merupakan distributor berbagai jenis dan ukuran chain block dengan harga yang sangat terjangkau dan kualitas terbaik.Ada banyak sekali fitur dan kegunaan dari produk Chain Block.
 
Baca Juga : 4 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Bikin Sepeda Motor Rusak
 

Apa itu Chain Block?

Dalam berbagai industri, tentu ada banyak barang berat yang perlu diangkat. Untuk itu, Anda pasti membutuhkan sebuah alat angka khusus untuk beban berat. Salah satu alat angkat khusus beban berat tersebut ialah Chain Block. Chain Block merupakan mekanisme yang digunakan untuk mengangkat dan menurunkan beban berat menggunakan rantai. Chain Block berisi dua roda yang dililit rantai. Ketika rantai ditarik, ia berputar di sekitar roda dan mulai mengangkat barang yang melekat pada tali atau rantai melalui kail. Chain Block juga dapat dipasang pada lifting sling atau chain bags untuk mengangkat beban lebih ringan.

Bagaimana Fungsi Chain Block?

Fungsi chain block yang utama adalah mengangkat dan memindahkan beban dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah. Karena kemampuan mengangkatnya, Chain Block pada umumnya digunakan di garasi tempat mereka dapat melepas mesin dari mobil dengan mudah. Karena dapat dioperasikan oleh satu orang, Chain Block adalah cara yang sangat efisien untuk menyelesaikan pekerjaan yang mungkin membutuhkan lebih dari dua pekerja untuk melakukannya. Chain Block juga banyak digunakan di lokasi konstruksi di mana mereka dapat mengangkat beban dari tingkat yang lebih tinggi, di pabrik perakitan untuk mengangkat barang ke dan dari sabuk dan kadang-kadang bahkan untuk mesin derek mobil dari medan berbahaya.

Sebutkan Cara Menggunakan Chain Block dengan Benar!

1. Pertama Anda harus menjauhkan chain block dari bahan kimia berbahaya khususnya dari zat asam. 2. Jangan pernah Anda memkai chain block untuk mengangkat manusia dan beberapa barang yang melebihi kapasitas. 3. Jangan pernah Anda memasukkan kait hook pada link rantai. 4. Usahakan Anda menghindari palu sling ketika memasang ataupun maintenance. 5. Jangan pernah Anda meninggalkan beban benda apapun pada hook ketika tidak Anda operasikan. 6. Usahakan untuk membuat chain block tidak kontak langsung dengan air, cipratan air, asam dan uap. 7. Saat Anda melakukan pelumuran oli, maka jangan sampai mengenai system pengereman yang ada pada alat ini 8. Jangan pernah mengganti panjang rantai tanpa persetujuan supplier. 9. Usahakan untuk Anda tidak melakukan pelemparan, menggeser dan menjatuhkan chain block. 10. Jangan membiarkan sling menggantung pada hook ketika tidak dipakai 11. Anda tidak boleh mengoperasikan alat ini tanpa training terlebih dahulu. 12. Jangan pernah memakai block, sling dan aksesoris lain yang rusak, serta hindari juga menggunakan rantai block sebagai sling. 13. Setelah Anda mengetahui beberapa hal yang harus di jauhi sebelum menggunakan chain blok, selanjutnya Anda harus mengetahui cara menggunakan alat ini.

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments