Take a fresh look at your lifestyle.

Mengapa Google Translate Digemari Orang Indonesia

0 0

Google translate adalah salah satu mesin penerjemah yang dikembangkan oleh perusahaan google. Salah satu yang menjadi kelebihan dari mesin penerjemah ini adalah bisa digunakan di berbagai tempat. Seperti Anda bisa menerjemahkan artikel di dalam web, bisa juga menerjemahkan lewat aplikasi yang telah disediakan oleh pihak Google.

Pada perkembangan terakhir, pihak Google telah menyempurnakan mesin penerjemah bahasa menjadi semakin bagus. Didukung dengan lebih dari 180 bahasa. Hal ini membuat Google Translate banyak digemari. Namun, bukan hanya itu masih ada banyak alasan mengapa tool penerjemah ini banyak digemari, termasuk oleh masyarakat Indonesia.

Perkembangan Google Translate

Pada masa pengembangannya, yakni ketika awal-awal kemunculan google translate belumlah secanggih pada masa sekarang. Untuk menerjemahkan bahasa, misal bahasa Jawa ke dalam bahasa Spanyol. Anda tidak bisa menerjemahkan langsung ke dalam bahasa Spanyol tapi harus menerjemahkan dahulu ke dalam bahasa Inggris lalu kemudian diterjemahkan lagi ke dalam bahasa Spanyol.

Mengapa Google Translate Digemari Orang Indonesia - wartawan id

Setelah diperbaiki, maka sekarang kita tidak perlu ribet dalam menerjemahkan artikel atau kata. Bisa langsung merujuk pada bahasa yang akan diterjemahkan ke dalam bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan. Pada tahun 2010, Google mengenalkan aplikasi Google translate dalam bentuk android dan Ios. Kemunculannya tentu akan membantu orang menerjemahkan kata-kata asing.

Data menunjukkan proses penerjemahan bahasa setiap harinya lebih dari 100 milyar kata.

Fungsi dari Google Translate

Berbicara tentang google translate seperti yang telah kami sampaikan di atas adalah sebagai mesin penerjemah yang paling akurat untuk saat ini. Fungsinya adalah melakukan terjemahan kata-kata asing dari berbagai bahasa yang didukung oleh google. Berikut adalah fungsi dari Google translate.

  • Menerjemahkan kata-kata tertulis, Google translate mampu menerjemahkan kata-kata yang tertulis. Jadi Anda bisa menerjemahkan misal kata bahasa Indonesia, kemudian akan diterjemahkan secara otomatis ke dalam bahasa yang Anda inginkan oleh Google translate.
  • Menerjemahkan seluruh isi web, jika sebuah web memiliki koneksi dengan Google translate maka akan bisa diterjemahkan kedalam bahasa yang akan Anda pilih. Salah satu web terkenal yang bisa Anda terjemahkan kedalam bahasa pribumi Anda adalah Wikipedia.
  • Menerjemahkan dokumen, jadi ketika misal Anda menemukan makalah dalam bentuk bahasa Inggris, Anda bisa menerjemahkan kedalam bahasa Indonesia. Tidak perlu repot mengetik kata per kata, Anda upload 1 dokumen maka akan diterjemahkan seluruhnya oleh google translate.
  • Menerjemahkan suara, ini adalah fungsi terbaru, jadi misal Anda berbicara dari bahasa Indonesia. Maka google translate langsung menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris atau yang Anda pilih.
  • Menerjemahkan tulisan tangan, ini bisa Anda lakukan pada ponsel pintar. Anda bisa langsung menulis kemudian oleh Google translate akan langsung diterjemahkan.

Keakuratan Google Translate

Sebagai sebuah mesin tentu tidak seluruhnya terjemahan dari Google translate sepenuhnya akurat. Karena dikembangkan berdasar algoritma yang dijalankan oleh robot, maka kadang terjemahannya sedikit kaku. Tentu akan sangat jauh berbeda dari terjemahan yang dilakukan oleh manusia. Tapi belajar dari sejarah perkembangan dari Google terjemahan akan semakin bagus saja.

Jika Anda ingin menerjemahkan satu karya sastra lebih baik tidak menggunakan google translate, karena akan tidak akurat. Hal ini terjadi, pertama adalah karena alasan di atas yang sudah kami sampaikan, kemudian mesin penerjemah google translate hanya menginfeksi pada kata-kata yang populer dalam karya ilmiah.

Namun bukan berarti tidak bisa menerjemahkan, Anda bisa melakukan terjemahan kata perkata dan kemudian pahamilah artinya. Untuk melakukan terjemahan karya ilmiah seperti penelitian, jurnal, atau berita google translate sudah cukup akurat.

Karena sudah didukung dengan berbagai bahasa di dunia, serta memiliki lisensi keakuratan dari bahasa masing-masing. Maka menerjemahkan bahasa asing lewat google translate akan sangat akurat. Tapi seperti yang kami sampaikan untuk bahasa sastra memang belum terlalu akurat.

Menggunakan Google Translate Secara Offline

Suatu hari mungkin akan terjadi pemadaman listrik, dan terjadi lebih dari sehari. Tapi hal tersebut sudah cukup membuat Anda pusing. Terlebih ada deadline tulisan yang harus Anda selesaikan, tapi sayang tulisan tersebut harus memiliki referensi dari bahasa asing.

Koneksi internet mati, Anda tidak bisa menggunakan Google translate. Tapi jangan khawatir setelah diluncurkan versi android dan Ios, google translate bisa digunakan secara offline.

Bagaimana cara menggunakannya, berikut akan kami ulas tips menggunakan google translate.

  • Unduh aplikasi google translate, jika menggunakan android unduh versi androidnya jika menggunakan Ios juga unduh versi Ios nya.
  • Instal aplikasi di hp Anda masing-masing.
  • Lalu buka aplikasi google translate, jika tidak membutuhkan versi online maka tidak perlu melakukan tahapan berikutnya. Google translate bisa digunakan secara online, tapi untuk offline harus melakukan tahapan berikut ini.
  • Jika ingin ke versi offline maka lakukan unduh bahasa yang akan Anda gunakan.
  • Pilih dukungan bahasa, setelah Anda mengklik menu ini akan muncul pilihan bahasa yang bisa Anda gunakan.
  • Pilih unduh, biasanya akan muncul simbol unduh seperti umumnya, klik simbol tersebut dan tunggu unduhan selesai.

Ketika bahasa yang dipilih sudah Anda unduh maka versi offline sudah bisa Anda gunakan. Sekarang menerjemahkan bahasa asing lewat Google translate tidak perlu membutuhkan sambungan internet. Tapi ingat jika ada update bahasa maka Anda harus mengulang cara di atas, agar bahasanya selalu update.

Penerjemah Suara Google Translate

Anda ingin mencari google translate yang ada suaranya, tidak perlu khawatir karena google sudah mengembangkan mesin penerjemah buatannya dengan sangat sempurna. Jika mungkin Anda berbicara dengan orang asing, maka bisa menggunakan fitur tersebut. Dan di dalam aplikasi juga sudah dilengkapi dengan fitur penerjemah suara.

Mengapa Google Translate Digemari Orang Indonesia - wartawan id

Atau Anda mempunyai anak, dan ingin mengajarkan mereka berbicara bahasa Inggris dengan benar. Maka bisa juga memanfaatkan penggunakan google translate suara ini. Berikut cara menggunakan fitur penerjemah suara lewa google translate.

  • Buka aplikasi.
  • Atur bahasa yang akan diterjemahkan dan bahasa penerjemah.
  • Pilih menus voice, atau simbol voice seperti yang ada di Whatsapp.
  • Tekan tombol tersebut, lalu bersuaralah.
  • Setelah Anda selesai menekan, google translate akan meresponnya. Dan juga menggunakan suara.

Selain pilihan menu untuk menerjemahkan secara bersuara. Google translate juga memiliki fitur untuk menerjemahkan gambar yang ada tulisannya. Cara menggunakan fitur tersebut adalah seperti di atas. Tapi ketika sudah terbuka aplikasinya, pilih gambar kamera. Maka google akan mengakses kamera hp Anda. Arahkan kamera pada gambar, setelah itu secara otomatis google translate akan menerjemahkan tulisan yang ada di dalam gambar tersebut. Sesuai dengan bahasa terjemahan yang Anda pilih.

Alasan Orang Indonesia Lebih Memilih Google Translate

Ketika terbukanya informasi maka berbagai informasi dari segala bahasa bisa Anda akses dengan begitu mudahnya. Anda bisa mendengarkan, membaca berita atau hasil tulisan orang luar dalam bentuk bahasa Inggris. Untuk yang menguasai bahasa Inggris tentu tidak kesulitan untuk memahaminya, tapi bagi Anda yang tidak begitu paham bahasa inggris tentu harus mencari bantuan lainnya. Seperti yang sudah Anda ketahui untuk menerjemahkan bahasa asing sebenarnya tidak melulu perlu menggunakan google translate. Tapi kenapa orang Indonesia lebih memilih google translate untuk menerjemahkan bahasa asing.

Google translate Indonesia Inggris banyak digunakan oleh masyarakat kita, menurut data yang kami kutip dari Liputan6.cm. Orang Indonesia menjadi salah satu masyarakat yang banyak menggunakan fitur google translate. Dari berbagai sumber kami mendapatkan beberapa alasan kenapa orang Indonesia lebih memilih mesin penerjemah google translate daripada lainnya. Berikut beberapa alasannya,

  • Pertama adalah memiliki banyak pilihan bahasa

Seperti yang sudah kami terangkan di atas, lebih dari 130 bahasa telah tersedia di dalam mesin penerjemah google translate. Bahkan bahasa Jawa juga sudah tersedia di dalamnya.

  • Kedua bisa menerjemahkan lewat link

Fitur ini cukup memudahkan para penggunanya, jadi tidak perlu repot-repot menerjemahkan dengan copas seluruh artikel. Cukup link nya saja maka artikel yang Anda pilih telah diterjemahkan secara otomatis. Kemudahan lainnya, jika sebuah web telah tertaut dengan google translate maka bisa diterjemahkan secara otomatis. Contoh paling nyata adalah Anda bisa menerjemahkan artikel di Wikipedia sesuai bahasa yang Anda inginkan.

  • Bisa menerjemahkan dengan suara

Anda yang malas mengetik, maka bisa menggunakan fitur terjemahan suara. Caranya sudah kami jelaskan di atas. Untuk bisa lancar berbicara bahasa asing Anda bisa juga memanfaatkan fitur ini. Karena google translate juga bisa mengeluarkan suara hasil terjemahannya, sehingga Anda bisa menirukan agar pandai berbahasa asing.

  • Punya banyak fitur

Jika Anda menggunakan penerjemah google translate maka akan menikmati banyak fitur. Seperti bisa diterjemahkan secara online atau offline, bisa lewat aplikasi. Adanya mode suara dan lainnya. Dan yang paling terakhir adalah alasan mudah sekali aksesnya. Serta tidak berbayar. Para pengguna tidak perlu belajar bagaimana caranya menggunakan Google translate, dikarenakan tampilan sederhana orang akan langsung paham cara menggunakannya.

Kekurangan dari Google Translate

Seperti yang telah kami sampaikan di atas sebuah mesin tentu memiliki kekurangan dalam kinerjanya. Kekurangan dari mesin penerjemah google translate adalah tidak begitu akurat jika untuk menerjemahkan bahasa sastra atau karya sastra.

Selain itu masih ada beberapa kekurangan dari mesin penerjemah ini, berikut ulasan lengkapnya.

  • Memiliki batas karakter yang diterjemahkan

Google translate hanya memberikan batas maksimal sekitar 5000 kata untuk diterjemahkan. Jika Anda ingin menerjemahkan 10.000 kata maka harus dilakukan 2 kali penerjemahan.

  • Bahasa yang tidak tertata rapi

Kesalahan orang adalah dengan menerjemahkan satu karya sekaligus. Misal ada sebuah karya dalam bahasa Inggris dengan 3000 kata, mereka langsung menerjemahkan dengan google translate 3000 kata sekaligus. Maka hasil yang akan didapatkan tidaklah optimal, Anda akan susah memahami karya tersebut. Menerjemahkan lewat google translate agar mendapatkan terjemahan yang akurat lakukan paragraf demi paragraf, jangan langsung semuanya. Perkembangan dari google translate begitu pesat, pada tahun 2017 sesuai dengan data dari tirto.id, Google telah mengembangkan teknologi penerjemah terbaru mereka. Dengan nama earphone Google, merupakan perkembangan lanjutan dari mesin penerjemah Google translate.

Earphone google ini akan bisa menerjemahkan lawan bicara Anda secara otomatis. Tidak sulit, dan tidak pernah loading, Anda akan seperti berbicara dengan orang seperti biasanya. Tapi sekarang teknologi ini masih dalam tahap pengembangan. Google translate menjadi pilihan banyak orang karena mudah digunakan, tidak lemot dan akurasinya cukup tepat. Tapi masih belum sempurna jika digunakan untuk menerjemahkan bahasa sastra. Bisa dengan mode offline dan lewat aplikasi seluler, sehingga lebih memudahkan Anda.

Baca Juga : Begini Cara Convert PDF menjadi Image JPG

5 Fungsi dari Google Translate

1. Menerjemahkan Kata-Kata Tertulis. 2. Menerjemahkan Seluruh Isi Web. 3. Menerjemahkan Dokumen. 4. Menerjemahkan Suara. 5. Menerjemahkan Tulisan Tangan.

6 Menggunakan Google Translate Secara Offline

1. Unduh aplikasi google translate, jika menggunakan android unduh versi androidnya jika menggunakan Ios juga unduh versi Ios nya. 2. Instal aplikasi di hp Anda masing-masing. 3. Lalu buka aplikasi google translate, jika tidak membutuhkan versi online maka tidak perlu melakukan tahapan berikutnya. Google translate bisa digunakan secara online, tapi untuk offline harus melakukan tahapan berikut ini. 4. Jika ingin ke versi offline maka lakukan unduh bahasa yang akan Anda gunakan. 5. Pilih dukungan bahasa, setelah Anda mengklik menu ini akan muncul pilihan bahasa yang bisa Anda gunakan. 6. Pilih unduh, biasanya akan muncul simbol unduh seperti umumnya, klik simbol tersebut dan tunggu unduhan selesai.

4 Alasan Orang Indonesia Lebih Memilih Google Translate

1. Pertama adalah memiliki banyak pilihan bahasa. 2. Kedua bisa menerjemahkan lewat link. 3. Bisa menerjemahkan dengan suara. 4. Punya banyak fitur.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments