Take a fresh look at your lifestyle.

Meksiko Bekuk Tersangka Perdagangan Ikan Langka

0 5
Meksiko Bekuk Tersangka Perdagangan Ikan Langka

Kulit ikan totoaba kering (Foto: AFP)

Mexico City – Kepolisian Meksiko menangkap seorang tersangka yang dituduh telah melakukan perdagangan ikan totoaba, spesies ikan langka yang kini terancam punah. Nilai perdagangan kandung kemih ikan totoaba dilaporkan mencapai US$20.000 di pasar gelap China.

Adalah Oscar N alias El Parra ditangkap oleh kepolisian pada Kamis (Jumat waktu setempat). Dia diketahui menjadi pemimpin kelompok perdagangan totoaba di Meksiko.



Selain perdagangan ilegal, El Parra juga dijerat sejumlah kasus. Geng tersebut diyakini memiliki hubungan kuat dengan kartel narkoba Sinaloa.

“El Parra merupakan pembunuh bayaran dan penyelundup obat bius yang dicari atas tuduhan pembunuhan pula,” kata otoritas setempat dilansir dari AFP.

Dikenal sebagai `kokain laut`, nilai ikan totoaba sangat menggiurkan. Spesies tersebut terus diburu karena manfaatnya dalam penyembuhan, dan terkenal dalam pengobatan China. Walhasil, jumlah totoaba menurun drastis sejak 1940-an.

Di China, kemih totoaba dipercaya memiliki khasiat memperindah dan menyembuhkan sejumlah penyakit, antara lain nyeri artritis hingga ketidaknyamanan selama kehamilan.

Karena harganya yang cukup mahal, obat dari kemih totoaba sangat terbatas di pasaran. Konon, obat ini hanya dimiliki oleh orang-orang kaya.

TAGS : Ikan Lingkungan Perdagangan Ilegal Meksiko

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/40805/Meksiko-Bekuk-Tersangka-Perdagangan-Ikan-Langka/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments