Take a fresh look at your lifestyle.

Mattis Pertegas Pentagon Dukung Solusi Diplomatik soal Korut

0 6
Mattis Pertegas Pentagon Dukung Solusi Diplomatik soal Korut

Menteri Pertahanan AS Jim Mattis mengumumkan pada media

Washington – Sekretaris Pertahanan Amerika Serikat, Jim Mattis mengatakan Pentagon mendukung sepenuhnya solusi diplomatik terhadap kebuntuan nuklir Korea Utara di tengah berbagai pesan dari Washington. 

“Menteri Pertahanan sepenuhnya mendukung upaya Sekretaris Tillerson untuk menemukan solusi diplomatik, namun tetap fokus pada pertahanan Amerika Serikat dan sekutunya,” kata Mattis mengatakan kepada sidang Komite Angkatan Bersenjata Senat.

“Tuntunan Trump untuk Tillerson dan dirinya sendiri sangat jelas, yaitu untuk mengejar usaha diplomatik tersebut. Dan saya tidak melihat perbedaan dengan beberapa orang yang menafsirkannya,” kata Mattis

Pada akhir pekan Presiden Donald Trump memberi isyarat  tidak tertarik untuk bernegosiasi dengan Korea Utara mengenai senjata nuklir dan program rudal balistiknya.

Trump mengatakan Sekretaris Negara Rex Tillerson  hanya membuang-buang waktu mencoba berbicara dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, setelah diplomat tersebut mengakui ada komunikasi langsung antara kedua belah pihak.

Ketegangan meningkat di tengah perang kata-kata antara Trump dan rezim Kim mengenai usaha Pyongyang untuk mengejar rudal balistik berujung nuklir yang mampu mencapai daratan Amerika Serikat

Isyarat Trump menunjukkan, bawah tidak ada pilihan lain kecuali menghancurkan Korea Utara jika dipaksa untuk mempertahankan diri atau sekutu-sekutunya. Pyongyang menanggapi dengan ancaman untuk menguji bom hidrogen di atas Samudra Pasifik dan menembak jatuh pembom Amerika bahkan di ruang udara internasional.

Mattis berpendapat Trump menunjukkan niatnya untuk bekerja secara diplomatis dengan negara-negara lain mengenai masalah Korea Utara dengan mengirimkan Tillerson ke China minggu lalu.

Ia juga menekankan upaya masyarakat internasional untuk mengatasi ancaman Korut, termasuk melalui dua resolusi Dewan Keamanan  Perserikatan Bangsa Bangsa sejak Agustus.

Sanksi tersebut diadopsi sebagai tanggapan atas uji coba rudal balistik antarbenua Korea Utara pada Juli dan uji coba nuklir keenam pada September. Secara terpisah, Trump telah meningkatkan sanksi finansial sepihak Pyongyang.

TAGS : Korea Utara Amerika Serikat Rudal

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/22764/Mattis-Pertegas-Pentagon-Dukung-Solusi-Diplomatik-soal-Korut/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments