Take a fresh look at your lifestyle.

Mantan Presiden Korsel Terancam 25 Tahun Penjara

0 6
Mantan Presiden Korsel Terancam 25 Tahun Penjara

Mantan Presiden Korsel (Foto:Dw.com)

Jakarta – Jaksa penuntut umum Korea Selatan menuntut hukuman 25 tahun penjara untuk Choi Soon-sil pada Kamis (14/12), di sebuah pengadilan di Seoul setelah  menjalani penyelidikan selama 14 bulan.

Choi adalah tokoh sentral dalam skandal pemberian pengaruh yang menyebabkan penggulingan mantan Presiden Park Geun Hye, yang menghadapi 18 tuntutan pidana termasuk penyalahgunaan kekuasaan, kecurangan, hambatan tugas dan penyuapan.

Dilansir UPI, Choi bersama mantan sekretaris presiden An Chong Bum dan Ketua Kelompok Lotte Shin Dong Bin dituntut karena keterlibatan mereka dalam skandal penghancuran pemerintahan Korsel.

Tak hanya menuntut hukuman 25 tahun penjara, jaksa juga meminta pengadilan untuk menuntut Choi penalti sebesar 108 juta dollar (Rp1,45 triliun) dan biaya tambahan sebesar 7 juta dollar (Rp94,78 miliar).

Pria berusia 61 tahun itu dituduh berkolusi dengan mantan presiden tersebut, dan mantan sekretaris presiden An, untuk mengumpulkan lebih dari 71 juta dollar untuk Yayasan Mir dan K-Sport, dengan memeras beberapa konglomerat terbesar di negara itu termasuk Samsung Group, dan raksasa ritel Lotte Group.

Choi juga diduga menerima 7,1 juta dollar dari pemimpin de facto Samsung Electronics Lee Jae Yong, yang sebagian mendanai kegiatan berkuda putrinya.

Berdasarkan undang-undang pidana khusus negara tersebut, kasus yang melibatkan suap lebih dari kira-kira 92.000 dollar dikenai hukuman penjara paling sedikit 10 tahun, atau bahkan hukuman seumur hidup.

Pedoman hukuman Mahkamah Agung Korea Selatan merekomendasikan penerapan 9 sampai 12 tahun di belakang jeruji besi ketika suap melebihi 460.000 dollar.

Namun, dalam kasus di mana hukuman tambahan diajukan untuk kejahatan tertentu berdasarkan undang-undang pidana khusus, pedoman tersebut merekomendasikan hukuman penjara paling sedikit 11 tahun, sampai hukuman seumur hidup.

Pengamat mengatakan Choi memiliki potensi tinggi untuk menerima hukuman berat dan tidak mungkin pengadilan tersebut akan mengurangi hukumannya, mengingat banyaknya tuduhan terhadapnya dan penolakannya atas pelanggaran tersebut.

Samsung Electronics Lee Jae Yong dijatuhi hukuman lima tahun karena penyuapan pada bulan Agustus. Teman tangan Choi Cha Eun Taek dan keponakannya, Jang Si Ho juga dianggap bersalah karena terlibat dalam skandal tersebut.

Choi Soon Sil ditempatkan di belakang jeruji besi pada November tahun lalu saat skandal itu berputar. Awal tahun ini, dia dijatuhi hukuman tiga tahun penjara karena menggunakan hubungannya dengan mantan presiden untuk meminta bantuan akademis untuk putrinya.

Sebuah putusan pada persidangan Kamis diperkirakan akan diumumkan pada pertengahan Januari mendatang.

 

TAGS : Korsel Choi Soon Presiden

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/26317/Mantan-Presiden-Korsel-Terancam-25-Tahun-Penjara/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments