Take a fresh look at your lifestyle.

Lepas 637 Mahasiswa Asing, Mendikbud: Kalian Duta Budaya

0 6
Lepas 637 Mahasiswa Asing, Mendikbud: Kalian Duta Budaya

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy melepas 637 mahasiswa asing peserta dharmasiswa

Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy melepas 637 mahasiswa asing peserta program dharmasiswa, yang selama setahun terakhir telah belajar bahasa Indonesia dan kebudayaan Indonesia.

Dalam pidato perpisahan tersebut, Mendikbud berharap supaya 637 mahasiswa asal 89 negara itu bisa menjadi duta budaya Indonesia di negara masing-masing.

“Anda semua adalah duta budaya Indonesia. Saya menantikan Anda datang lagi ke Indonesia. Ceritakan yang baik-baik tentang Indonesia. Anda harus bisa meyakinkan bahwa Indonesia adalah negara yang sangat baik untuk dikunjungi siapa saja,” kata Muhadjir pada Sabtu (5/5) malam di Jakarta.

Sejak dimulai pada 1974, program dharmasiswa telah diikuti oleh 7.852 peserta yang berasal dari 121 negara sahabat, dan belajar di berbagai perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Awalnya program ini hanya mengundang peserta dari kawasan ASEAN dengan peserta hanya puluhan orang. Namun dengan pertimbangan program ini sangat strategis sebagai sarana diplomasi budaya, jumlah dan cakupan negara yang diundang terus ditingkatkan.

Untuk tahun akademik 2017/2018, program ini diikuti oleh 637 peserta yang berasal dari 89 negara, dan mengikuti pendidikan di 55 perguruan tinggi di Indonesia. Jumlah tersebut merupakan hasiI seleksi dari 1.546 pendaftar dari 114 negara.

Selama satu tahun, peserta dharmasiswa berinteraksi secara langsung dengan masyarakat. Para peserta juga beiajar Iangsung dari masyarakat sekitar seperti belajar membatik, bermain musik, memasak masakan khas daerah, dan belajar berbahasa Indonesia.

Pada saat yang sama mereka juga berbagi ilmu yang mereka miliki termasuk mengajarkan bahasa asing yang mereka kuasai.

“Mudah-mudahan pengalaman Anda semua yang manis, yang baik, yang berkesan, akan Anda bawa ke negara masing-masing,” ujar Mendikbud.

TAGS : Pendidikan Budaya Mahasiswa Asing Kemdikbud Muhadjir Effendy

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/33830/Lepas-637-Mahasiswa-Asing-Mendikbud-Kalian-Duta-Budaya/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments