Take a fresh look at your lifestyle.

Korut Sebut China dan Rusia Bersekongkol dengan Amerika

0 6
Korut Sebut China dan Rusia Bersekongkol dengan Amerika

Sebuah ilustrasi gambar memperlihatkan hubungan yang terus berlanjut antara Korea Utara dan negara-negara tetangga China dan Rusia ( Foto: Yonhap)

Seoul – Korea Utara pada Jumat (25/8) menuduh China dan Rusia  berkolusi satu sama lain dengan Amerika Serikat untuk mendistorsi kebenaran dan mengeluarkan sanksi yang tidak adil terhadap Pyongyang.

Negara komunis tersebut mendapat tentangan sanksi internasional yang dipimpin Amerika Serikat untuk program nuklir dan misilnya, terutama uji coba dua rudal balistik antar benua (ICBMs) pada bulan Juli lalu.

Awal bulan ini, Dewan Keamanan UN memberikan suara bulat untuk menjatuhkan resolusi lain yang bertujuan memotong pendapatan ekspor tahunan Korea sampai sepertiga.

Beberapa memprediksi akan adanya letusan dan ancaman perang antara militer Amerika dan negara Utara dalam beberapa pekan terakhir. Media Pyongyang berulang kali menyalahkan Amerika Serikat dan kekuatan regional lainnya, termasuk China dan Rusia, karena terus memicu ketegangan.

“AS dan pasukan vassalnya menekankan, (Korea Utara) bertanggung jawab atas situasi di Semenanjung Korea yang beringsut mendekati fase perang,” kata Jong Myong-chol, peneliti di Institute of International Studies of Korea, dalam artikel yang dirilis kantor berita KCNA.

“Beberapa kekuatan besar di Korea menegaskan, baik DPRK maupun AS harus disalahkan atas situasi yang menegangkan di semenanjung ini. Namun DPRK dengan tegas mengatakan yang bertanggung jawab atas situasi ini sepenuhnya bergantung pada Amerika Serikat dan pasukan bawahannya”

Jong tidak menyebutkan nama China dan Rusia, tapi dia menyinggung negara-negara yang menyetujui sanksi UN. Ia mengatakan bahkan beberapa negara tetangga besar, yang terbiasa mempertahankan pandangan mereka  di masa lalu, sekarang berbaring datar di hadapan Pamam Sam, karena takut menggertakan.

“Negara-negara tetangga besar sekarang dengan gigih berdiri di jalan DPRK dalam memperkuat kekuatan nuklirnya untuk membela diri guna mengatasi pemerasan dan ancaman nuklir Amerika Serikat. Kemana lagi wajah, hati nurani dan niat baik mereka dapat ditemukan?”

Menurut sejarah, Korut mengatakan Amerikaadalah penyebab utama ketegangan militer selama beberapa dekade di Korea. Pyongyang telah lama mengklaim senjata nuklir dan rudalnya ditujukan semata-mata untuk melawan kebijakan bermusuhan Washington terhadap rezim tersebut.

TAGS : China Amerika Serikat Rusia Korea Utara

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/20725/Korut-Sebut-China-dan-Rusia-Bersekongkol-dengan-Amerika-/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments