Take a fresh look at your lifestyle.

Korut Batal Lepas Rudal ke Guam, AS: Terserah!

0 5
Korut Batal Lepas Rudal ke Guam, AS: Terserah!

Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un (Foto: Reuters)

Seoul – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, menunda keputusan menembakkan rudal ke Guam pasifik sementara waktu untuk mengamati kelakuan Amerika Serikat, menurut media negara Korea Utara pada Rabu (16/7). Penudaan tersebut menyusul kabar keiingin dialog kedua negara tersebut. 

Dalam beberapa minggu terakhir Amerika Serikat dan Korea Selatan terus melakukan latihan militer gabungan lebih intensif membuat marah Korea Utara, dan para ahli memperingatkan Pyongyang masih bisa melanjutkan rencana provokatifnya.

Dalam penampilan publik pertamanya sekitar dua minggu lalu, Kim memeriksa rencana untuk menembakkan empat rudal yang ingin didaratkan di dekat wilayah Guam, pangkalan militer Amerika Sekitar, menurut kantor berita resmi KCNA, dikutip Reuters pada Rabu (16/8)

“Ia mengatakan, jika orang-orang Yankee bertahan dalam tindakan sembrono dan berbahaya di semenanjung Korea dan di sekitarnya, menguji kesabaran DPRK, maka merka akan membuat keputusan penting karena telah diumumkan,“ kata KCNA.

Dalam foto yang dirilis dengan laporan KCNA, Kim terlihat memegang tongkat dan menunjuk sebuah peta yang menunjukkan jalur penerbangan untuk rudal yang akan melintasi pantai timur Korea Utara kemudian mengudara di atas Jepang menuju Guam.

Korea Utara sering mengancam untuk menyerang Amerika Serikat dan basisnya dan merilis foto serupa di masa lalu namun tidak pernah dilepas. Ancaman terbaru Pyongyang memicu lonjakan ketegangan di wilayah tersebut pekan lalu. Presiden AS, Donald Trump mengatakan militer AS dikunci dan siap dilepas jika Korea Utara bertindak tidak bijaksana.

Namun, pejabat AS lebih bersikap lembut  dalam beberapa hari ini. Ditanya oleh wartawan pada Selasa (15/8) tentang penundaan Korea Utara, Sekretaris Negara Rex Tillerson mengatakan, terserah kepada Kim untuk memutuskan apakah ingin berbicara dengan Amerika Serikat atau tidak.

“Kami terus terbuka untuk menemukan cara untuk berdialog tapi itu terserah dia (Kim),“ kata Tillerson kepada wartawan.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Heather Nauert mengatakan, keputusan Korea Utara untuk menunda tidak cukup dan Pyongyang harus menunjukkan bahwa pihaknya bermaksud untuk melakukan denuklirisasi di semenanjung Korea.

TAGS : Korea Utara Amerika Serikat Guam Pasifik

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/20241/Korut-Batal-Lepas-Rudal-ke-Guam-AS-Terserah-/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments