Take a fresh look at your lifestyle.

Korut Akan Tembak Jatuh Pesawat-pesawat AS

0 4
Korut Akan Tembak Jatuh Pesawat-pesawat AS

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong un (Foto: Getty Images/AFP)

Jakarta – Menteri luar negeri Korea Utara mengatakan Pyongyang memiliki hak menembak jatuh pesawat-pesawat Amerika Serikat karena Donald Trump telah mengumumkan perang.

Pengumuan itu disampaikan Ri Yong Ho, kepada wartawan di New York, seluruh dunia harus tahu dengan jelas, Amerika Serikatlah yang pertama kali mengumumkan perang terhadap negara kita.

“Sejak Amerika Serikat mengumumkan perang terhadap negara kita, kita memiliki hak untuk melakukan penanggulangan, termasuk hak untuk menembak jatuh pesawat pembom strategis Amerika Serikat bahkan ketika mereka tidak berada di dalam wilayah udara negara kita,“ kata Ri, dilansir Sky News, Selasa (26/9)

Menanggapi hal itu, Gedung Putih mengatakan untuk menyarankan Amerika Serikat, perang  tidak masuk akal. “Kami belum mengumumkan perang melawan Korea Utara dan terus terang saran itu tidak masuk akal,“ kata sekretaris pers Gedung Putih Sarah Huckabee Sander.

Ri, sebelum meninggalkan New York di Sidang Majelis Umum pekan lalu, mengatakan, “Sehubungan dengan deklarasi perang oleh Trump, semua opsi akan berada di meja operasi pimpinan tertinggi DPRK (Republik Rakyat Demokratik dari Korea).“

Hal itu merujuk pada tweet Presiden AS pada Sabtu malam, “Baru saja mendengar Menteri Luar Negeri Korea Utara berbicara di PBB. Jika dia menggemakan pemikiran tentang Little Rocket Man, mereka tidak akan lama lagi!“

Pekan lalu, dalam pidatonya yang pertama ke Majelis Umum, Trump berjanji untuk akan benar-benar menghancurkan Korea Utara jika terus mengancam AS dan sekutu-sekutunya.

Eskalasi terbaru dalam perang kata-kata antara kedua negara terjadi dua hari setelah pesawat pembom Angkatan Udara AS, yang dikawal oleh jet tempur, terbang di atas perairan timur Korea Utara pada hari Sabtu.

Pentagon menyebutnya pertunjukan kekuatan”yang dirancang untuk menunjukkan pilihan militer yang tersedia bagi Presiden Trump. Pada Minggu, penghinaan terus berlanjut, lantaran Ri melabeli Trump sebagai orang gila.

Ketegangan semakin meningkat saat Pyongyang terus mengembangkan senjata nuklir dalam menghadapi tuntutan dunia yang menghentikannya. Dalam beberapa pekan terakhir negara tertutup tersebut meledakkan bom nuklir keenam.

TAGS : Korea Utara Amerika Serikat Rudal PBB

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/22325/Korut-Akan-Tembak-Jatuh-Pesawat-pesawat-AS/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments