Take a fresh look at your lifestyle.

Korporasi PT DGI Segera Diadili

0 3
Korporasi PT DGI Segera Diadili

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif

Jakarta – Tersangka korporasi PT Duta Graha Indah (DGI) yang kini telah berganti nama jadi PT Nusa Kontruksi Enjiniring (NKE) Tbk akan segera menghadapi pengadilan.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengatakan, penyidik KPK akan segera merampungkan berkas penyidikan tersangka korporasi PT DGI. Dalam waktu dekat berkas perkara tersangka akan dilimpahkan ke tahap penuntutan atau tahap II.



“Masih penyidikan, mudah-mudahan enggak lama lagi bisa kami limpahkan,” kata Laode, di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (1/8).

Laode mengatakan, hingga saat ini sudah banyak saksi yang diperiksa penyidik dalam perkara ini. Tak hanya saksi, penggeledahan di sejumlah lokasi pun telah dilakukan penyidik untuk mempertajam bukti perbuatan rasuah PT DGI.

“Kalau pemeriksaan sudah ‎tak ada dijadwal, artinya sudah hampir selesai (berkas penyidikannya),” katanya.

Dalam kasus ini, korporasi pertama yang ditetapkan tersangka oleh KPK itu diduga telah melakukan tindak pidana korupsi berkaitan proyek pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Khusus Penyakit Infeksi dan Pariwisata Universitas Udayana, Bali.

Selain proyek pembangunan RS pendidikan Udayana, PT DGI atau PT NKE juga menggarap sejumlah proyek pemerintah, di antaranya adalah pembangunan Gedung di Universitas Mataram dan Universitas Jambi.

Kemudian pembangunan Badan Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Surabaya tahap 3, RSUD Sungai Dareh Kabupaten Darmasraya, gedung Cardiac RS Adam Malik Medan, Paviliun RS Adam Malik Medan, RS Inspeksi Tropis Surabaya, dan RSUD Ponorogo.

PT DGI juga pernah mengerjakan proyek Wisma Atlet dan pembangunan Gedung Serba Guna Palembang, Pemprov Sumatera Selatan tahun 2011. Dari proyek tersebut PT DGI mendapat fee sampai Rp49,01 miliar.

Sementara untuk kasus dugaan korupsi pembangunan RS Pendidikan di Udayana, PT NKE atau PT DGI diduga merugikan negara hingga Rp25 miliar. Sejauh ini, PT DGI atau PT NKE baru mengambalikan uang kerugian negara sebesar Rp15 miliar kepada KPK.‎

TAGS : KPK Korporasi PT DGI Kasus Korupsi

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/38669/Korporasi-PT-DGI-Segera-Diadili/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments