Take a fresh look at your lifestyle.

Kode Suap e-KTP Pakai Nama Minuman Keras

0 6
Kode Suap e-KTP Pakai Nama Minuman Keras

Gedung KPK

Jakarta – Mantan karyawan PT Murakabi Sejahtera Muhammad Nur alias Ahmad tak menampik adanya kode `merah, biru, dan kuning` untuk Senayan. Kode itu ditenggarai terkait peruntukan uang proyek e-KTP.

Hal itu mengemuka saat Ahmad bersaksi untuk terdakwa Setya Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (12/3/2017). Ihwal kode tersebut diketahui dari atasnya Irvanto Hendra Pambudi Cahyo. Irvanto yang merupakan keponakan Novanto saat itu menjabat sebagai Direktur PT Murakabi Sejahtera.

Menurut Ahmad kode itu kemudian berubah. Perubahan kode itu dilakukan agar para fraksi penerima terlihat lebih samar lagi.  “Malam hari saya kirim ke Pak Irvanto bilang buat Senayan dan beliau bilang ada kode merah, kuning dan biru diganti nama minuman‎,” kata Ahmad saat bersaksi.

Ahmad tadinya menerima uang dari perusahaan penukaran uang atas titah Irvanto. Ada tiga tahap penerimaan yang kemudian diteruskan ke rumah Iranto.

Adapun kode warna yang mewakili para fraksi penerima uang e-KTP itu berubah menjadi nama minuman keras ternama. Mulai dari Chivas Regal, Mc Guire, hingga Vodca.

“Saya ingat namanya Mc Guire, Black Label Chivas Regal. Mc Guire (kode untuk mengganti `merah`), Vodca (kode untuk mengganti `biru`), dan Black Label lupa,” ungkap dia.

Jaksa KPK pun sempat menanyakan soal jumlah Uang yang diterima para fraksi penguasa proyek ini. Namun, Ahmad mengaku lupa.

Irvanto, kata Ahmad, saat itu sedang mengerjakan suatu proyek. Jika proyek itu sukses, kata Ahmad, dirinya dijanjikan sebuah sepeda motor senilai Rp 20 juita. “Motor Tiger Second. Sekarang motornya sudah saya jual,” tandas Ahmad.

Kode penerima uang hasil bancakan e-KTP yang mengalir ke sejumlah partai ini sebelumnya pernah terungkap di persidangan. Kode tersebut awalnya berupa warna yang mewakili para fraksi yang disebut menguasai proyek e-KTP yang ternyata terdiri dari tiga fraksi di DPR saat itu. Ketiga fraksi tersebut antara lain: Fraksi Partai Golkar yang ditandai dengan warna Kuning, Partai Demokrat ditandai dengan warna biru, serta PDIP ditandai dengan warna merah.

TAGS : E-KTP Kode Suap Setya Novanto

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/30430/Kode-Suap–e-KTP-Pakai-Nama-Minuman-Keras/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments