Take a fresh look at your lifestyle.

Kita Perlu Tahu Kemampuan Strategis Kapal Selam Nagapasa 403, Ini Paparan Ahli

0 6
Kita Perlu Tahu Kemampuan Strategis Kapal Selam Nagapasa 403, Ini Paparan Ahli

Susaningtyas NH Kertopati/Ant

Jakarta – Kehadiran Kapal Selam Nagapasa 403 secara otomatis menambah komposisi kekuatan TNI Angkatan Laut (AL) Indonesia. Setidaknya, armada kapal selam dengan status operasional yang dimiliki TNI AL bertambah menjadi tiga.

Pengamat militer dan intelijen Nuningtyas Nefo Handayani Kertopati membeberkan fungsi strategis Nagapasa 403 berdasarkan potensi yang melekat pada struktur kapal yang berasal dari galangan Korea Selatan tersebut.

Secara umum, Nagapasa 403 memiliki fungsi seperti kapal selam perang biasanya. Menurutnya, Fungsi asasi kapal selam adalah intai taktis-strategis dan pemukul awal.

“Dengan fungsi asasi tersebut, maka pola penggelaran dan pola pengerahan harus difokuskan pada efek penggentar. Pola gelar kapal selam harus berada di pangkalan depan. Sedangkan pola pengerahan dari pangkalan depan ke daerah operasi atau ke pangkalan aju,” ujar perempuan yang biasa di panggil mbak Nuning ini kepada Jurnas.com di Jakarta, Senin (28/8/2017).

Nuning menjelaskan bahwa dengan pola penggelaran dan pola pengerahan yang tepat, maka 1 kapal selam bisa menyebabkan 1 armada kapal lawan terkunci di suatu zone. Dengan begitu, kata dia, kapal selam dapat melaksanakan blokade laut yang efektif dan efisien.

Nuning mengungkapkan efek penggentar dapat meningkat beberapa kali jika kapal selam dilengkapi kemampuan menyebar ranjau. “Efek penggentar sebesar itu dalam dunia militer dikenal sebagai salah satu bentuk pshyco warfare atau perang urat syaraf,” sebutnya.

Nuning mengungkapkan filosofi penggunaan kapal selam pada masa damai dan masa perang juga berbeda. Ia memaparkan penggunaan pada masa damai juga ditujukan untuk pengumpul data intelijen maritim.

“Data-data intelijen tersebut dapat diolah dan disampaikan kepada pengguna akhir yaitu Presiden RI melalui BIN. Presiden dan kabinet dapat memanfaatkan data intelijen maritim untuk pengambilan keputusan dalam menentukan kebijakan nasional sesuai visi Poros Maritim Dunia,” terangnya.

Sementara itu, lanjut dia, penggunaan pada masa perang dapat digunakan terlebih dahulu untuk melaksanakan infiltrasi agen intelijen atau pasukan khusus.

“Dengan kapasitas dan kompetensi tersebut memang layak kapal selam dinilai sebagai Alutsista unggulan TNI di masa depan. Tepat kiranya pemerintah saat ini meningkatkan postur tempur TNI dengan menambah jumlah kapal selam,” imbuhnya.

Disampaikan Nuning, Kapal selam KRI Nagapasa 403 adalah Alutsista TNI AL terbaru memperkuat jajaran TNI yang pengadaannya masuk di dalam program MEF sebagaimana telah disetujui oleh pemerintah dan DPR.

Ia menambahkan penguatan kapal selam baru untuk mengimbangi antara tuntutan tugas TNI AL untuk pengamana perairan Indonesia dengan ketersediaan Alutsista.

“Kehadiran KRI Nagapasa 403 yang direncanakan digelar di pangkalan TNI AL Palu untuk ikut mengamankan perairan Blok Ambalat semakin memperjelas kebutuhan pembentukan Komando Armada RI Kawasan Tengah.

“Prinsipnya kedatangan Alutsista harus dibarengi dengan fasilitas logistiknya sehingga baik Alutsista maupun fasilitas pada akhirnya membutuhkan validasi organisasi, yakni Koarmateng,” paparnya.

TAGS : Pengamat Militer Nuningtyas NF Kertopati Nagapasa 403

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/20848/Kita-Perlu-Tahu-Kemampuan-Strategis-Kapal-Selam-Nagapasa-403-Ini-Paparan-Ahli/

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments